• Selasa, 7 Februari 2023

Alat Kelamin Jantan Pada Bunga Dinamakan

- Senin, 14 November 2022 | 09:57 WIB
Alat Kelamin Jantan Pada Bunga Dinamakan Benang Sari (pedia.com)
Alat Kelamin Jantan Pada Bunga Dinamakan Benang Sari (pedia.com)

SUARAKARYA ID: Alat kelamin jantan pada bunga dinamakan benang sari. Jadi, benang sari adalah alat kelamin jantan yang ada pada bunga.

Benang sari disebut juga sabagai seperangkat alat reproduksi jantan yang terdiri dari beberapa bagian, yaitu tangkai sari (filamen), kepala sari (amber), dan serbuk sari (pollen).

Benang sari adalah sebuah organ reproduksi jantan yang dimana terdapat pada bunga. Fungsi utama dari benang sari ini adalah sebagai alat kelamin jantan pada bunga yang untuk menyempurnakan proses reproduksi.

Benang sari ini nantinya akan menghasilkan sel kelamin jantan berupa serbuk sari dan letaknya ada pada bunga, yaitu ada di sekitar putik atau mengelilingi putik. Putik ini merupakan alat kelamin betina pada bunga. Nah, pertemuan antara serbuk sari dan putik ini disebut dengan proses penyerbukan.

Baca Juga: Peredaran darah dari jantung ke paru-paru dan kembali ke jantung disebut

Secara umum, pada sebuah benang sari sendiri nantinya akan terbentuk dari tangkai sari maupun filamen serta pada bagian dari ujung tangkai sari, kepala sari hingga anter.

Sebuah anter ini adalah sebuah bentuk dari empat macam kotak sari yang dimana umumnya akan dinamakan dengan mikrosporangia. Dari adanya sebuah perkembangan mikrosporangia serta spora haploid yang dimana nantinya akan termasuk ke dalam serbuk sari mirip dengan sebuah mikrosprangia pada sebuah tumbuhan gimnosperma. Contoh tumbuhannya seperti tumbuhan pinus dan tumbuhan lumut.

Editor: Dimas Anugerah Wicaksono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Login Shopee

Senin, 6 Februari 2023 | 16:41 WIB

Cara Mengembalikan Akun Shopee Yang Hilang

Senin, 6 Februari 2023 | 15:33 WIB

Cara Membuat Surat Ijin Tidak Masuk Sekolah

Senin, 6 Februari 2023 | 12:27 WIB
X