SUARAKARYA.ID : Presentasi merupakan salah satu cara yang sangat efektif untuk berkomunikasi dengan audiens.
Melalui presentasi, seseorang dapat memperkenalkan, membujuk, memberi informasi, meyakinkan, atau bahkan memotivasi orang lain.
Tujuan dari presentasi sangat bervariasi tergantung pada konteks dan situasi yang ada. Berikut ini adalah beberapa tujuan dari presentasi yang umumnya ada:
1. Membujuk
Tujuan utama presentasi yang bertujuan untuk membujuk adalah untuk mempengaruhi pendapat atau tindakan audiens.
Contohnya adalah presentasi yang dilakukan oleh seorang wiraniaga untuk meyakinkan calon pelanggan untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Dalam hal ini, presentasi biasanya berfokus pada keuntungan dan manfaat dari produk atau jasa tersebut.
Baca Juga: Apa Itu Agnostik? Ketika Keyakinan Bertemu Dengan Keraguan Dalam Diri Manusia
2. Memberi informasi
Tujuan presentasi yang lain adalah untuk memberikan informasi atau pengetahuan baru kepada audiens.
Presentasi semacam ini biasanya dilakukan oleh seorang pakar dalam bidang tertentu, seperti ilmuwan, akademisi, atau peneliti.
Presentasi yang bertujuan untuk memberikan informasi biasanya terstruktur dengan baik dan berisi banyak data, grafik, dan tabel untuk menjelaskan informasi dengan jelas dan terperinci.
3. Meyakinkan
Tujuan presentasi lainnya adalah untuk meyakinkan audiens agar menerima suatu pendapat atau ide tertentu.
Presentasi semacam ini biasanya dilakukan oleh seseorang yang ingin membantah pendapat atau argumen tertentu.
Artikel Terkait
Apa Itu Mental Unstable: Mengenal dan Mengatasi Ketidakstabilan Emosional
Apa Itu Poster? Media Cetak Atau Digital Yang Dirancang Untuk Menyampaikan Pesan
Apa Itu Panic Attack : Gejala dan Penyebabnya
Apa itu PPATK ? Tugas dan Fungsinya ? PPATK Adalah