logo

Anggota Fraksi Golkar Dorong Audit KS NIK Di Bekasi

Anggota Fraksi Golkar Dorong Audit KS NIK Di Bekasi

Anggota Fraksi Golkar DPRD Kota Bekasi, Solihin. (Ist).
10 September 2019 16:19 WIB
Penulis : Dharma/Aji

SuaraKarya.id - BEKASI : Fraksi Golkar DPRD Kota Bekasi akan mendorong audit Kartu Sehat berbasis Nomor Induk Kependudukan (KS-NIK) terkait administrasi. Hal itu dikatakan Anggota Fraksi Golkar DPRD Kota Bekasi, Solihan.

Ia menekankan audit KS-NIK ini terfokus kepada rekanan pemerintah daerah yakni rumah sakit swasta. "Auditnya secara administrasi. Artinya, kalau audit administrasinya biar transparan.," kata Gus Shol sapaan akrabnya.

Menurutnya, berdasarkan rumor yang berkembang di masyarakat ada indikasi mark-up oleh rumah sakit swasta terkait invoice atau penagihan. "Oleh karena itu, rekanan Pemkot Bekasi (rumah sakit swasta) itu perlu di audit administrasinya," tegas dia.

Ia mengaku, dirinya setuju dilakukannya audit administrasi rekanan plat merah tersebut. Tujuannya, agar mengetahui secara pasti. "Karena banyak laporan-laporan yang diterima kami dari pasien-pasien itu belum medapatkan kwitansi dari rumah sakit," katanya.

Diketahui, Pemkot Bekasi terlalu lemah dalam melakukan perencanaan dan penganggaran keuangan daerah. Namun ada empat penyebab yang memicu tingginya defisit APBD murni 2018, dari alokasi Rp 5,6 triliun saat ini.

Salah satunya, pembiayaan Kartu Sehat berbasis Nomor Induk Kependudukan (KS NIK) senilai Rp 200 miliar untuk menutupi biaya kesehatan masyarakat yang terlalu besar. ***

Editor : Azhari Nasution