logo

Gandeng Gudang Dolanan, Kinokuniya Lestarikan Permainan Tradisional

Gandeng Gudang Dolanan, Kinokuniya Lestarikan Permainan Tradisional

05 September 2019 23:20 WIB
Penulis : AG. Sofyan

SuaraKarya.id - JAKARTA: Kinokuniya sebagai toko buku internasional terkemuka di Jakarta telah memberikan pesan positif kepada para pecinta lifestyle dan literatur Jakarta untuk dapat kembali bernostalgia dengan beragam permainan tradisional.

Acara telah sukses digelar pada Minggu, 25 Agustus 2019 lalu di store Kinokuniya Plaza Senayan. Pesan mengenang dan melestarikan legacy originalitas budaya Indonesia juga masih terkait suasana 74 Tahun Indonesia Merdeka.

Dalam kesempatan itu, Kinokuniya telah menggandeng Gudang Dolanan sebagai partner dalam acara yang dipenuhi anak-anak usia TK, SD hingga SMP maupun SMA beserta para orang tuanya. Beragam permainan masa kecil telah digelar di sepanjang acara ini seperti gasing, dakon, enggrang, wayang-wayangan dan beragam permainan tradisional yang sudah mulai jarang ditemukan bahkan ditinggalkan karena perubahan zaman, tetap dihadirkan di acara ini.

Tidak hanya mengajak para anak-anak Indonesia dan pengunjung untuk bernostalgia dan mencoba permainan tersebut, pada event kali ini, juga mengajak para pengunjung untuk mengikuti workshop membuat dua jenis permainan tradisional yaitu wayang kertas dan telepon kaleng, yang diharapkan mampu mengasah kreatifitas dan daya imajinasi anak-anak Indonesia dan membuat mereka untuk merasa lebih menghargai mainan tradisional di era digital ini.

Selain itu, Kinokuniya juga mengundang komunitas paper craft (Ichinogami) yang juga mampu menampilkan kreatifitas melipat kertas hingga dapat membentuk figur dan karakter menarik melalui workshop singkat tersebut.

Untuk semakin melengkapi acara di akhir pekan dan mengenalkan anak Indonesia akan tradisi di Indonesia, Kinokuniya turut mengundang komunitas dongeng tradisional, Windo Story Telling yang akan menceritakan dongeng tradisional yang dikemas secara menarik.

“Di era digital ini, kami ingin mengajak para anak-anak Indonesia untuk mengembangkan imajinasi dan kreatifitasnya melalui permainan tradisional yang semakin langka dijumpai. Selain untuk mengenalkan permainan tradisional pada anak-anak Indonesia. Kami juga ingin mengajak para orang tua untuk bernostalgia dengan memainkan permainan masa kecilnya. Kami ingin para orang tua untuk lebih giat untuk mengajak para putra dan putrinya untuk melestarikan tradisi Indonesia,” ujar Arnolda Ratnawati Sidharta selaku Marketing Direktur dari PT Panen Lestari Internusa*** 

Editor : Dwi Putro Agus Asianto