logo

Penulis Disertasi Konsep Hubungan Seksual Di Luar Pernikahan, Mendapat Teror

Penulis Disertasi Konsep Hubungan Seksual Di Luar Pernikahan, Mendapat Teror

Abdul Aziz, dosen IAIN Surakarta penulis disertasi konsep hubungan seksual di luat pernikahan
05 September 2019 06:00 WIB
Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Penulis disertasi konsep hubungan seksual di luar pernikahan, Abdull Aziz mengaku mendapat teror. Bahkan teror tidak hanya ditujukan kepadanya tapi juga kepada keluarganya . Menurut Abdul Aziz kepada wartawan di Fakultas Syariah IAIN Surakarta, Rabu (4/9/2019), apa yang diterimanya tersebut dinilainya sudah berlebihan.

"Karena sudah menyerang keluarga saya. Akan saya laporkan ke polisi," ujarnya.

Abdul juga mengungkapkan teror yang diterima melalui media sosial seperti facebook. Teror yang diterima dinilainya sudah sangat mengganggu, bahkan membuat anaknya menangis.

"Ada meme dengan tulisan duta mesum hingga menulis murtad. Ini jelas sudah diluar konteks," kata Abdul Aziz yang tercatat sebagai dosen jurusan Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syariah IAIN Surakarta itu.

Dirinya juga mengatakan disertasi tersebut adalah produk akademik dengan kajian yang mendalam. Disertasi berjudul 'Konsep Milk al-Yamin Muhammad Syahrur sebagai Keabsahan Hubungan Seksual Nonmarital' ditulis Abdul Aziz untuk menyelesaikan program doktoral interdisciplinary Islamic Studies di Pascasarjana UIN sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Sementara itu, salah satu dosen di Fakultas Syariah IAIN Surakarta, Sidiq memandang Abdul Aziz adalah dosen yang aktif dan sering berdiskusi bersama rekan-rekannya.

'Salah satu bahan diskusi mengenai disertasinya yang mengambil pemikiran Muhammad Syahrur mengenai hubungan intim di luar pernikahan tidak melanggar syariat Islam," jelasnya.

Tetapi, dari diskusi tersebut banyak dosen yang menolak pemikiran Abdul Aziz. Sedangkan menurut dosen lainnya, Mashrukhin, sosok Abdul Aziz dikenal kritis sejak muda.

"Dia juga sudah tertarik pada hukum pernikahan sejak awal. Tesisnya pun juga sepertinya mengenai pernikahan, dia mengambil Tesis di IAIN Makassar," paparnya.

Dalam disertasinya Abdul Aziz mengangkat tentang pemikiran Muhammad Syahrur yang menilai hubungan intim di luar pernikahan tak melanggar syariat Islam. Pendapat ini didasarkan oleh Syahrur dari konsep Milk Al-Yamin yang dikontekstualkan dalam kehidupan saat ini. ***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto