logo

Gerakan Minum Susu Di Kabupaten Kutai Timur Sasar Anak-Anak Usia Dini

Gerakan Minum Susu Di Kabupaten Kutai Timur Sasar Anak-Anak Usia Dini

03 September 2019 23:57 WIB
Penulis : Yacob Nauly

SuaraKarya.id - SAGATTA: Pemerintah Kabupaten Kutai Timur menggiatkan program untuk kesehatan anak dengan Gerakan minum susu (Gerimis) yang sasarannya para anak-anak yang masuk dalam Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).
 

Bekerjasama dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Pemkab Kutai Timur menggelar kegiatan mini Workshop 2 di Kecamatan Sangatta Selatan, Selasa (3/9/2019) seperti diwartakan Antara.

Pada kegiatan tersebut dilakukan penyerahan secara simbolis sebanyak 613 kotak susu kepada 15 lembaga, terdiri 7 taman kanak-kanak, 7 kelompok bermain dan 1 satuan PAUD sejenis di Kecamatan Sangatta Selatan.

Bantuan diserahkan langsung oleh Istri Bupati Kutim Hj Encek UR Firgasih. Disaksikan Plt Kadis Pendidikan setempat Roma Malau, Camat Sangatta Selatan Hasdiah, Ketua PDGI Kutai Timur drg Dwi Agustina, Ketua IDI Kutai Timur dr Agung Wiratmoko Sp. Og, perwakilan Dinkes dan TP PKK Kutai Timur serta para kepala PAUD di Kecamatan Sangatta Selatan.

Selain bantuan susu, diserahkan juga bantuan alat peragaan edukatif (APE) diberikan kepada semua lembaga pendidikan PAUD Sangatta Selatan. Kemudian buku Bunda PAUD sebanyak 4 buku, serta 1 set CD kegiatan gugus.

Hj Encek UR Firgasih mengatakan, penghargaan anugerah Bunda PAUD Nasional yang diberikan kepada dirinya, merupakan suatu amanah untuk terus menggalakan budaya minum susu bagi anak sejak dini.

“Ini suatu amanah bagi bunda, apalagi di Kaltim hanya Kutai Timur yang mendapat penghargaan ini (Bunda Paud Nasional). Maka misi bunda kedepan akan terus menggalakan program Gerimis demi kecerdasan motorik anak. Agar kedepan anak menjadi pintar dan mandiri,” ujar Firgasih yang juga menjabat Ketua TP PKK Kutai Timur ini.

Dalam mendukung program Gerimis tersebut, dibutuhkan kerja sama semua lapisan masyarakat dan pemerintah untuk mewujudkan generasi pengurus yang tangguh sehat dan cerdas.

“Gerimis merupakan program pemerintah Kabupaten Kutai Timur dipelaksanakan oleh Bunda PAUD. Jadi kegiatan ada di Dinas Pendidikan bekerjasama dengan TP PKK Kutai Timur sebagai alat untuk pelaksanaan program ini,” ungkap Firgasih.

Kedepan ia meminta untuk menjalin kerja sama dengan pihak perusahaan dalam mendukung pemenuhan alat peragaan edukatif dan fasilitas bermain outdoor seperti ayunan.

“Kita buat suatu kerja sama karena kemarin TP PKK Kutai Timur juga sudah melakukan MoU untuk membantu pemenuhan fasilitas bagi PAUD,” terangnya. ***

Editor : Pudja Rukmana