logo

320 Anak Dari 40 Negara Ramaikan IRONMAN 70.3

320 Anak Dari 40 Negara Ramaikan IRONMAN 70.3

24 Agustus 2019 16:14 WIB
Penulis : Syamsudin Walad

SuaraKarya.id - BINTAN: Perhelatan akbar IRONMAN 70.3 tinggal menghitung hari. Dilaksanakan 24-25 Agustus 2019, perhelatannya dipastikan akan begitu semarak. Terbukti perlombaan tersebut menarik banyak atlet dari berbagai negara. Selain peserta dewasa, tercatat 320 orang anak dari 40 negara bakal ikut unjuk kebolehan di kelas Ironkids.

"Ini yang membuat perhelatan IRONMAN 70.3 selalu menarik. Bukan saja sebagai sebuah pendahuluan lomba, Ironkids juga memupuk jiwa fighter dari anak-anak yang ikut berjuang di IRONMAN 70.3," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya, Kamis (22/8).

Ironkids sendiri merupakan kegiatan lari yang menyenangkan. Jarak tempuhnya hanya 1,5 km. Dalam kegiatan ini semua anak dibawa untuk bersenang-senang sambil berolahraga. Perlombaan ini dijamin membuat mereka bisa bersenang-senang. 

"Labelnya saja sudah Fun Run. Jadi semua diajak berwisata sambil berolahraga. Dan pastinya mereka datang bersama keluarga. Ini jelas menambah banyaknya wisatawan yang datang keperhelatan ini," kata Menpar Arief.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri, Buralimar mengatakan jika perhelatan IRONMAN 70.3 selalu mampu menyedot wisatawan. Selain peserta Ironkids, tercatat perhelatan ini juga diikuti 1.044 peserta dari 58 negara. 

“Hingga pendaftaran ditutup, sebanyak 1.044 peserta dari 58 negara sudah melakukan registrasi atau sudah dipastikan tampil dalam Ironman 70.3 Bintan 2019 diluar peserta Ironkids,” kata Buralimar.

Banyaknya peserta yang mendaftar membuat Ketua Tim Pelaksana Calendar of Event Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuty sumringah. Menurutnya IRONMAN 70.3 semakin membuktikan diri sebagai ajang triathlon paling menantang di Asia. Bahkan jarak tempuhnya menjadi yang terjauh di Asia. 

"Hebatnya ini digabungkan dengan pariwisata. Track yang dilalui peserta sengaja menunjukkan keindahan Lagoi sebagai salah satu destinasi exclusive di Bintan. Makanya ajang ini selalu berhasil masuk dalam 100 CoE Kemenpar," kata Esthy

Terpisah, Deputi Bidang Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani Mustafa mengatakan, IRONMAN 70.3 menjadi salah satu bukti kehebatan Kepri menggelar ajang sport tourism. Berbagai ajang sport tourism yang digelar di Kepri selalu laris dibanjiri wisatawan. Sebut saja Tour de Bintan, Tour de Kepri, atau pun Bintan Triathlon.

"Seluruh stakeholder memiliki komitmen kuat untuk memajukan pariwisata Bintan. Sinergi lintas sektor juga dilakukan dengan solid di sana. Hasilnya? Pariwisata Bintan menjelma menjadi sebuah kekuatan yang luar biasa. Berbagai ajangnya selalu dibanjiri wisatawan. Apalagi perhelatan IRONMAN 70.3 yang sudah tidak diragukan lagi kehebatannya," tutup Rizki.

Editor : Dwi Putro Agus Asianto