logo

STIN Gelar Wisuda Angkatan XII Dan Pascasarjana

STIN Gelar Wisuda Angkatan XII Dan Pascasarjana

Wisuda Sarjana Angkatan XII serta Pascasarjana Angkatan III dan IV bertempat di Auditorium Letjen. TNI (Purn.) Marciano Norman, M.Sc, Kampus STIN, Sentul, Bogor, Senin (19/8/2019).
19 Agustus 2019 21:59 WIB
Penulis : Agung Elang

SuaraKarya.id - SENTUL: Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) menggelar wisuda Sarjana Angkatan XII serta Pascasarjana Angkatan III dan IV bertempat di Auditorium Letjen. TNI (Purn.) Marciano Norman, M.Sc, Kampus STIN, Sentul, Bogor, Senin (19/8/2019).

Pada tahun ini, jumlah wisudawan yang mengikuti prosesi wisuda terdiri dari 123 orang taruna dan 37 orang mahasiswa pascasarjana.

Wisuda tahun ini mengangkat tema "Revitalisasi STIN Berbasis Teknologi Informasi Guna Menghasilkan Intelijen Tangguh dan Profesional dalam Rangka Terwujudnya Keamanan Nasional". 

“Tema yang dirumuskan tersebut bukanlah tema yang absurd tetapi tema yang menjadi keinginan pimpinan STIN dan seluruh sivitas akademika STIN untuk mengantisipasi era revolusi industri 4.0, yang ini ditandai dengan kemajuan teknologi dalam berbagai bidang, khususnya kecerdasan buatan, robot, blockchain, teknologi nano, komputer kuantum, bioteknologi, dan internet of things”, ujar Ketua STIN Brigjen TNI Dr.rer.pol. Rodon Pedrason.

Dalam sambutannya, Ketua STIN juga menjelaskan perihal salah satu program STIN untuk memasuki era revolusi industri 4.0 yakni pembuatan dan penggunaan aplikasi Smart STIN. Soft launching aplikasi ini dijadwalkan akan dilakukan oleh Kepala BIN dalam waktu dekat.

Selain itu, sebagai lembaga pendidikan tinggi khusus intelijen di bawah naungan Badan Intelijen Negara (BIN), STIN berperan penting dalam menghasilkan sumber daya intelijen bagi kebutuhan BIN dan institusi negara lainnya. 40 orang lulusan STIN Angkatan XII, 2019, telah langsung di distribusikan ke 9 Kementerian/Lembaga dan TNI sesuai dengan permintaan dari masing-masing Kementerian/Lembaga tersebut.

“STIN terus berupaya untuk seoptimal mungkin membekali saudara-saudara para wisudawan dengan berbagai ilmu, pengetahuan dan tekonologi agar saudara-saudara memiliki kompetensi yang mumpuni sebagai agen intelijen dan akademisi intelijen melalui serangkaian kegiatan pembelajaran, pelatihan dan pengasuhan”, ucap Brigjen TNI Dr.rer.pol. Rodon Pedrason.

Selanjutnya, semua prodi yang ada di STIN saat ini tercatat telah terakreditasi A. Hal ini menjadi bukti nyata komitmen STIN untuk terus melakukan upaya peningkatkan mutu pendidikan baik secara kelembagaan maupun aspek keilmuan. 

Beberapa pejabat terlihat menghadiri wisuda STIN pagi ini, seperti pendiri STIN Jenderal TNI (Purn) Prof. Dr. H. AM. Hendropriyono, ST., SH., MH, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Polisi (Purn) Prof. Dr. Budi Gunawan, SH., M.SI., Wakil Kepala BIN Letnan Jenderal TNI (Purn) Teddy Lhaksmana WK, Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Jenderal TNI (Purn) Dr. H. Moeldoko, S.I.P , serta perwakilan anggota Komisi I DPR.

Dalam acara tersebut, KSP Moeldoko juga berkesempatan untuk memberikan orasi ilmiah dengan tema “Situasi Politik Indonesia dan Ancamannya terhadap Keamanan Nasional”.

 

Editor : B Sadono Priyo