logo

Ribuan Mahasiswa Baru UNS Pecahkan Rekor Lewat Gerakan Moral Kebangsaan

Ribuan Mahasiswa Baru UNS Pecahkan Rekor Lewat Gerakan Moral Kebangsaan

Formasi yang dibuat ribuan mahasiswa baru UNS
18 Agustus 2019 21:58 WIB
Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Ribuan mahasiswa baru Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jawa Tengah, memecahkan rekor dari Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (LEPRID) untuk rekor gerakan moral kebangsaan menggunakan bahasa isyarat oleh mahasiswa terbanyak, yakni sebanyak 8.639 mahasiswa.

Rekor tersebut tercipta dalam acara Student Vaganza yang dilaksanakan di GOR UNS, Minggu (18/8/2019). Student Vaganza merupakan acara penutup kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahssiswa Baru (PKKMB) UNS. Untuk membuat gerakan moral kebangsaan itu, UNS bekerjasama dengan Gerak Cinta Merah Putih (GCMP).

"Tema yang diangkat adalah Tangkal Radikalisme Tegakkan Pancasila, tema ini sekaligus untuk sosialisasi aksi kebangsaan mahasiswa UNS," jelas Rektor UNS, Prof Jamal Wiwoho dalam sambutannya.

Jamal juga mengajak mahasiswa untuk meninggalkan pemikiran-pemikiran sempit, radikal, pemikiran yang selalu merasa dirinya paling benar sendiri, yang bertentangan dengan Pancasila.

Sementara itu menurut Ketua GCMP, Maria Arbanu peragaan bahasa isyarat ini merupakan salah satu cara dalam menanamkan semangat kebangsaan kepada para mahasiswa.

"Tujuan umum dari aksi ini yaitu untuk menanamkan dan menggelorakan semangat kebangsaan para mahasiswa," kata Maria.

Selain itu juga untuk mendeklarasikan penegakan ideologi Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Serta menyebarkan semangat kebangsaan kepada seluruh mahasiswa dan pemuda di seluruh Indonesia.

"UNS juga ingin menyuarakan bahwa kaum disabilitas juga berhak untuk medapatkan kesetaraan, terutama dalam memperoleh hak pendidikan mereka," katanya lagi.

Selain memecahkan rekor, di acara tersebut juga dilakukan peluncuran lagu Pancasila Jiwa Kita. ***

Editor : Azhari Nasution