logo

Manokwari, Saat Pidato HUT RI Ke-74, Gubernur Mandacan Sampaikan Pesan Pembangunan

Manokwari, Saat Pidato HUT RI Ke-74, Gubernur Mandacan Sampaikan Pesan Pembangunan

18 Agustus 2019 20:22 WIB
Penulis : Yacob Nauly

SuaraKarya.id - MANOKWARI:Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan menyampaikan sejumlah pesan pembangunan saat berpidato pada perayaan Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia di Manokwari, Sabtu (17/8/2019).

Mengawali pidatonya usai memimpin upacara detik-detik proklamasi di Lapangan Borarsi Manokwari tersebut, Mandacan mengajak seluruh elemen untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Persatuan dan kerukunan antar suku dan pemeluk agama di daerah ini harus dijaga serta dipertahankan secara baik.

"Kita Jaga NKRI, NKRI jaga kita. Kita jaga Pancasila, Pancasila jaga kita. Mari wujudkan Papua Barat aman damai sejahtera dan bermartabat," katanya .

Pada kesempatan itu ia juga mengajak seluruh jajaranya, termasuk kabupaten dan kota bekerja secara sinergis sesuai rencana pembangunan nasional. Koordinasi harus berjalan secara baik antara daerah dan pusat.

Seluruh pemerintah daerah di Papua Barat harus mendukung visi Indonesia tahun 2019-2024 dengan menyelaraskan dalam seluruh program kerja. Ia juga ingin seluruh jajaranya mewujudkan aparatur yang bersih dan berwibawa.

Menurutnya, revitalisasi nilai-nilai budaya kerja harus dilakukan. Sikap jujur dan bersih harus diterapkan di setiap jenjang birokrasi untuk menciptakan saling percaya antara masyarakat dan masyarakat.

Terkait potensi lingkungan dan sumber daya alam, gubernur pun mengingatkan agar dikelola secara adil dan berkelanjutan.

"Kita jaga alam, alam jaga kita. Kita jaga hutan, hutan jaga kita. Tinggalkan mata air untuk anak cucu kita. Jangan tinggalkan air mata untuk mereka," ujar gubernur lagi.

Ia pun berkomitmen, Pemprov Papua Barat akan senantiasa meningkatian kualiatas pelayanan dasar baik bidang pendidikan maupun kesehatan, termasuk mendukung perguruan tinggi dalam menciptakan sumber daya manusia yang handal di daerah tersebut.

Di bidang kesehatan, pemerintah terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan sampai di pelosok kampung , termasuk di daerah pedalaman dan pesisir terluar.

"Layanan kesehatan harus terus ditingkatkan, baik di wikayah perkotaan pedalaman maupun pesisir serta daerah terluar," sebutnya.

Pusat perekonomian baru pun harus terus didorong di setiap daerah sejalan dengan pengembangan infrastruktur dasar yang kini dilakukan pemerintah pusat dan daerah di Papua Barat.

"Konektisitas antar kabupaten kota di Papua Barat sudah hampir seluruhnya tersambung melalui jalan darat. Ini akan mendorong percepatan pembangunan ekonomi di setiap daerah," katanya.

Ia pun mengajak, seluruh daerah untuk terus meningkatkan daya saing dan iklim investasi. Papua Barat harus bisa bersaing dengan daerah lain, termasuk dalam hal sumber daya manusia (SDM) dan perkembangan investasi.

"Sektor kelautan, perikanan, pariwisata dan pertanian harus terus digenjot dalam rangka meningkatkan daya saing serta menekan angka pengangguran dan kemiskinan," sebut Mandacan juga.  (Antara) ***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto