logo

Pelajar Ponpes Annur Bekasi Ikuti Simulasi Qurban 2019

Pelajar Ponpes Annur Bekasi Ikuti Simulasi Qurban 2019

Ratusan siswa-siswi MIPA, MTs, SMP dan MA dari Pondok Pesantren (Ponpes) Annur mengikuti simulasi qurban 2019. (Foto: Dharma/suarakarya.id).
14 Agustus 2019 18:19 WIB
Penulis : Dharma/Aji

SuaraKarya.id - BEKASI : Sebanyak ratusan siswa-siswi MIPA, MTs, SMP dan MA dari Pondok Pesantren (Ponpes) Annur mengikuti simulasi qurban 2019. Simulasi itu berkaitan dengan pelatihan penyembelihan hewan qurban.

Ketua pelaksana Yayasan Annur, Heri Mutawali mengatakan, simulasi qurban ini merupakan agenda rutin setiap tahunnya. Dalam simulasi itu, sejumlah peserta diberikan pemahaman berkaitan dengan latihan memotong hewan qurban.

"Mereka di kasih penugasan oleh guru-gurunya. Dari praktek kemudian ada pertanyaan-pertanyaan yang akan mereka uraikan," kata Mutawali kepada wartawan di Jalan KH. Muchtar Tabrani, Kelurahan Perwira, Kecamatan Bekasi Utara, Rabu (14/8).

Adapun penyampaian materi pelatihan yang disampaikan kepada para peserta mulai dari cara pembelian hewan qurban seperti Onta berumur 5 tahun, Sapi berumur 2 tahun, gigi Kambing sudah tanggal, hingga pemotonan Sapi sebanyak 7 orang dan Kambing sebanyak 1 orang.

"Sampai cara menyembelih yang syar'i, dan tata cara doa," papar Mutawali.

Ia menyampaikan, kegiatan pelatihan menyembelih hewan qurban ini melibatkan iuran para siswa-siswa sebesar Rp50 ribu.

"Saya berharap jika sudah terbiasa iuran kecil-kecilan nanti mereka kelak dewasa punya rejeki, mereka tidak akan segan menyisihkan uang," ujar dia.

"Ini sekedar mencontohkan dan mendidik supaya mereka berkurban tidak sulit dengan hanya Rp50 ribu," tambah Mutawali. ***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto