logo

Sebanyak 17 Ribu Mahasiswa Ikuti Seleksi Program XL Future Leaders 2019

  Sebanyak 17 Ribu Mahasiswa Ikuti Seleksi Program XL Future Leaders 2019

14 Agustus 2019 12:22 WIB
Penulis : Andira

SuaraKarya.id - SURABAYA: Lebih dari 17 ribu mahasiswa dari berbagai penjuru Tanah Air mulai memasuki tahapan seleksi Program XL Future Leaders 2019 (XLFL). Dari jumlah itu, akan dipilih 150 mahasiswa untuk menjadi peserta XLFL Batch 8 dan berhak mengikuti program pelatihan soft skills selama 2 tahun yang difasilitasi XL Axiata.

Menurut Group Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih,  jumlah peserta tahun ini lebih tinggi dari tahun lalu yang hanya sekitar 16 ribu mahasiswa. "Ini bukti bahwa program XLFL dan manfaatnya, semakin dikenal luas oleh mahasiswa Indonesia," ujarnya, Rabu (14/8/2019).

Dalam program yang memasuki tahun ke-9 ini, para peserta dari berbagai daerah akan mengikuti seleksi di sejumlah kota mulai 27 Juli hingga 25 September 2019. Pihak XL tidak menyediakan kuota khusus untuk masing-masing daerah.

Rangkaian kegiatan sosialisasi program di beberapa kota besar seperti Pontianak, Semarang, Malang, dan Banda Aceh, telah XL Axiata, sudah laksanakan sejak Maret hingga April 2019 lalu. Berbarengan dengan kegiatan itu, pendaftaran XLFL 2019 juga telah dibuka secara online, mulai 1 Maret 2019 hingga ditutup pada 30 Juni 2019.

Setelah dilakukan proses awal penyaringan kelengkapan data administratif dari seluruh pendaftar online sekitar lebih dari 7 ribu peserta yang tersaring mengikuti tes secara online berupa tes GMAT dan Bahasa Inggris pada pertengahan Juli lalu.

Dari test tersebut sebanyak lebih dari seribu peserta berhasil lolos dan bisa melanjutkan ke test selanjutnya. Pada Selasa – Rabu (13-14 Agustus 2019), XL Axiata mulai melakukan proses seleksi di Surabaya dengan mengundang hampir 125 kandidat terpilih untuk mengikuti beberapa tahapan seleksi lanjutan.

Para kandidat yang mengikuti proses seleksi di Surabaya wajib mengikuti beberapa tahapan tes setelah mereka berhasil lolos syarat awal seleksi secara online. Tahapan tes yang harus dijalani selama 2 hari adalah tes studi kasus, presentasi, Leaderless Group Discussion (LGD) dan diakhiri dengan wawancara.  

Tes selama 2 hari yang dilakukan di Surabaya diikuti oleh beberapa Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara Barat. Hasil penjaringan dari seleksi itu nantinya akan diseleksi kembali dan bersaing dengan para kandidat seleksi terpilih dari kota-kota lain seperti Bandung, Semarang, Yogyakarta, Jakarta, Bali, Aceh, Medan, Palembang, Lampung, Makassar, Gorontalo, Pontianak, Samarinda, Mataram, Kupang, dan Ambon.

Seperti diketahui, XLFL adalah program pengembangan kepemimpinan untuk mempersiapkan calon pemimpin global yang mempunyai jiwa kepemimpinan sekaligus mempunyai sifat kepedulian dengan lingkungan sekitar. Mereka berharap para peserta suatu saat nanti akan bisa secara maksimal ikut membangun masa depan Indonesia yang lebih baik.***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto