logo

Employee Voluntering BPJS Ketenagakerjaan Kampanyekan Diet Kantong Plastik

Employee Voluntering BPJS Ketenagakerjaan Kampanyekan Diet Kantong Plastik

13 Agustus 2019 00:04 WIB
Penulis : Andira

SuaraKarya.id - SURABAYA: Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Jatim memanfaatkan momen Idul Adha untuk mengkampanyekan pengurangan pemakaian kantong plastik. Melalui kegiatan Employee Voluntering berthema Diet Kantong Plastik, mereka mengajak publik untuk mulai menggunakan kemasan ramah lingkungan.

Menurut Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Jatim,  Dodo Suharto, pihaknya kali ini menyelenggarakan pembagian daging qurban menggunakan besek, daun pisang dan tali rami. "Sebelumnya kami juga sudah mengajak seluruh karyawan untuk mengurangi penggunaan kemasan plastik air minum," ujarnya, Senin (12/8/2019).

Ide menggunakan besek untuk wadah daging qurban merupakan gagasan dari para karyawan BPJS itu sendiri. Puluhan karyawan BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Jatim itu sepakat iuran membeli besek untuk mewadahi 400 paket daging qurban yang dibagikan ke masyarakat sekitar.

Besek, kata Dodo, merupakan anyaman dari bambu sebagai tempat yang cukup higienis dan tidak mengandung bahan kimi. Besek juga dipilih karena memiliki celah udara  sehingga membuat daging qurban tidak mudah bau, dan tidak memakai pewarna atau warna alami dari bambu.

Di sisi lain,  Indonesia saat ini menempati posisi kedua teratas dalam daftar negara penghasil sampah plastik dunia. Padahal limbah plastik itu baru akan musnah dalam 10 tahun ke depan.

Mengusung slogan Diet Kantong Plastik, strategi  menjadikan besek sebagai tempat daging qurban merupakan upaya kampanye. "Ini juga merupakan bentuk konkrit demi menyelamatkan bumi dari sampah plastik (#Save the earth)," ujarnya.***

 

Editor : Dwi Putro Agus Asianto