logo

Sapi Kurban Gubernur Dipotong Di Klender, PITI Gandeng Bulan Sabit Merah UEA

Sapi Kurban Gubernur  Dipotong Di Klender, PITI Gandeng Bulan Sabit Merah UEA

12 Agustus 2019 06:05 WIB
Penulis : Dwi Putro Agus Asianto

SuaraKarya.id - JAKARTA:  Sapi sapi kurban dari Gubernur DKI Jakarta Anies R Baswedan dan  Wali Kota Jakarta Timur M Anwar,  tepat hari raya Idul Adha, Minggu (11/8/2019) dipotong di sekretariat Majelis Taklim Al Munawir di Tanah 80, Klender, Kecamatan Duren Sawit,  Jakarta Timur.

Wakil Wali Kota Jakarta Timur Uus Kuswanto hadir bersama KH Munawir Aseli menyaksikan pemotongan hewan kurban tersebut.

Sementara Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) DPW DKI/Jakarta Raya bersama Yayasan AMOI menggandeng Bulan Sabit Merah Uni Emirat Arab (UEA) memotong seekor sapi dan 3 ekor kambing kurban di halaman kantor Yayasan AMOI di RW 08 Cipinang Cempedak, Jatinegara.

Wakil Wali Kota Uus Kuswanto pada kesempatan tersebut menegaskan, dengan menyerahkan hewan kurban itu  baik Gubernur maupun Wali Kota telah memberikan keteladanan untuk peduli kepada masyarakat kurang mampu.
Di lain pihak KH Munawir Aseli mengingatkan dengan Idul Adha terjalinlah dua hubungan sekaligus yaitu hubungan   vertikal dan horisontal.

"Melalui Idul Qurban ini kita juga bisa bersilaturahmi dengan pejabat Pemerintah Daerah.  Mudah mudahan mendapat berkah Allah," kata ulama kharismatik Jakarta Timur ini.

Kepala Sudin Kominfotik Jakarta Timur Yuliarto menambahkan Asisten Kesra H Alawi dan Camat Duren Sawit Musa Safrudin ikut mendampingi Wakil Wali Kota Uus.

Sementara itu Ketua DPW PITI DKI H Denny Sanusi usai pemotongan hewan kurban menyatakan bersyukur karena daging kurban telah dibagikan kepada warga sekitar RW 08 Cipinang Cempedak serta komunitas PITI maupun para mualaf dalam pembibaan yayasan AMOI.
"Alhamdulillah semua daging qurban telah dibagikan. Kami ucapkan terimakasih kepada pihak  Uni Emirat Arab yang konsisten membantu dalam upaya kami melaksanajan  dakwah billisan maupun bilhal," kata H Denny.

Dari seekor sapi dan 3 ekor kambing qurban telah dibagikan kepada 250 orang warga RT 009/08 dan komunitas PITI.
Masih di Jakarta Timur, sholat Idul Adha di Kampung Kembar RW 03 Malaka Jaya, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur hari Ahad (11/8/2019) terpaksa dilaksanakan di dalam masjid Darul Arqam yang meluber ke lapangan volley.

Bertindak sebagai khotib Ustadz H  Abdul Muyasir, Lc MPd.I. dengan khotbahnya berjudul meneladani Nabi Ibrahim AS dalam menghadapi ujian.
Usai sholat Ied dilakukan pemotongan hewan kurban sebanyak 21 ekor sapi dan 31 ekor kambing.

"Di sini tiap tahun jumlah hewan kurban selalu meningkat. Karena apa? Karena panitianya juga membentuk Tim Sukses yang bekerja keras," kata Ketua RW 03 Malaka Jaya Andang Subaryono. Hal itu dikatakan Andang ketika menyerahkan hewan kurban kepada panitia yang diketuai Syamsul Bahri dan Sekreraris Nur Yahya.

Pemotongan dan pembagian daging kurban berlangsung sampai sehabis sholat Isya yang terbagi dalam 1.347 paket yaitu internal RW 03 sebanyak 1.182 paket dan eksternal 165 paket termasuk untuk anggota PPSU dan keamanan  Malaka Jaya.
Pengurus Masjid Darul Arqam dengan Ketuanya H Suprapto serta ibu ibu PKK dan anggota LMK ikut bersama menyukseskan acara ini. ***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto