logo

Idul Adha Momentum Intropeksi Diri

Idul Adha Momentum Intropeksi Diri

Sekjen Kemendes PDTT Anwar Sanusi (kiri) shalat Idul Adha di halaman kantor Kemendes PDTT. (foto,ist)
11 Agustus 2019 21:12 WIB
Penulis : Budi Seno P Santo

SuaraKarya.id - JAKARTA: Idul Adha sebagai momentum intropeksi diri bagi umat muslim. Agar bisa meneladani sikap yang dilaksanakan Nabi Ibrahim dalam berkurban.

Demikian dinyatakan Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Sekjen Kemendes PDTT) Anwar Sanusi, usai Shalat Idul Adha bersama seluruh pegawai Kemendes PDTT dan masyarakat sekitar, sekaligus kegiatan penyembelihan hewan kurban di halaman kantor Kemendes PDTT, Jakarta, Minggu (11/8/2019).

Dikemukakannya, perayaan Idul Adha tidak hanya dilakukan dengan menunaikan shalat Ied. Namun, juga memetik hikmah dan menjadikan momentum intropeksi diri.

Menurut Sekjen, keikhlasan dan kepatuhan terhadap perintah Allah SWT merupakan ketaqwaan Nabi Ibrahim. Dalam hal ini, Nabi Ibrahim begitu Ikhlas mengurbankan anak yang sangat ditunggu-tunggu dan dicintainya. Karena keikhlasan Nabi Ibrahim, Allah menggantikan anaknya berupa hewan ternak untuk dikurbankan.

"Keikhlasan dan ketakwaan itu menjadi modal penting untuk menjadi pelajaran bersama. Karena itu, mari jadikan juga Idul Adha sebagai semangat berbagi dan peduli terhadap sesama," tuturnya.

Semoga, imbuhnya, semua mendapatkan berkah dan pahala. Dan, apa yang telah dilakukan dapat memberikan sedikit kebahagian bagi masyarakat yang membutuhkan.

Berdasarkan laporan, Sekjen menyebutkan, pada idul adha kali ini, Kemendes PDTT menerima sedikitnya 34 ekor hewan kurban dengan rincian 33 ekor sapi dan 1 ekor kambing untuk disembelih, yang selanjutnya daging kurban tersebut akan didistribusikan kepada mustahik.

Editor : Dwi Putro Agus Asianto