logo

Menanti 40 Tahun, PS SMPN 2 Bekasi Akhirnya Ikut Meriahkan HUT RI Di Istana Negara

Menanti 40 Tahun, PS SMPN 2 Bekasi Akhirnya Ikut Meriahkan HUT RI Di Istana Negara

Foto: Istimewa
08 Agustus 2019 22:23 WIB
Penulis : Pudja Rukmana

SuaraKarya.id - BEKASI: Paduan Suara (PS) SMP Negeri 2 Kota Bekasi mendapat kehormatan untuk berpartisipasi sebagai Aubade Pelajar 'Gita Bahana Nusantara 2019' yang akan tampil dalam peringatan detik-detik proklamasi tanggal 17 Agustus 2019 di Istana Merdeka Jakarta. 

"Ini merupakan kehormatan besar," kata Kepala Sekolah SMPN 2 Kota Bekasi Drs Samsu, M Pd dalam acara sosialisasi kegiatan ini di Ruang Pertemuan Lt 3 SMPN 2 Bekasi, Kamis (8/8/2019). "Ini prestasi yang membanggakan karena selama 40 tahun belum ada wakil dari SMPN 2 yang sampai Istana Negara," ujarnya pula.

Terpilihnya PS SMPN 2 dalam moment penting memperingati HUT Ke-74 Kemerdekaan RI di Istana Negara sesuai surat dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nomor 2130/E3.2/KB/2019 perihal Undangan Partisipasi sebagai Aubade Pelajar 'Gita Bahana Nusantara 2019' dalam peringatan detik-detik proklamasi, 17 Agustus 2019 di Istana Merdeka, Jakarta.

Prestasi ini diperoleh setelah melalui hasil audisi dari 136 peserta se-Indonesia. PS SMPN 2 terpilih mewakili Provinsi Jawa Barat (Jabar) bersama PS SMP Muhammadiyah Bogor masing-masing dengan mengirimkan 50 siswa. Sedangkan dari Provinsi Banten terpilih PS SMPN 4 Tangerang Selatan yang  juga mengirimkan 50 siswanya.

Sementara dari Provinsi DKI diwakili PS SMPN 9 sebanyak 50 siswa, PS SMPN 131 (50 siswa) dan PS SMP Tarakanita I (50 siswa). Ketiganya masing-masing tercatat sebagai Juara I, II dan III Lomba PS Tingkat SMP Se DKI Jakarta 2018. 

Samsu menjelaskan, dalam upaya mempersiapkan penampilan PS SMPN 2 Bekasi di Istana Negara, pihak sekolah telah membentuk tim khusus yang akan mengatur persiapan serta segala sesuatunya yang mendukung sukses acara kegiatan tersebut.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMPN 2 Bekasi, Ririz Mufriz ditunjuk sebagai koordinator pelaksana atau manajer tim, Yati Resmiyati (pembina), dan Ajeng (pelatih). Sebagai pendukung kegiatan, pihak sekolah menunjuk Mama Ola sebagaai ketua komunitas orangtua siswa peserta PS SMPN 2 Bekasi, Mama Chelza (Bendahara I), Mama Salma (Bendahara II), Mama Kayla (Sekretaris).

Menurut Samsu, PS SMPN 2 mendapat kepercayaan bisa tampil di Istana Negara karena dianggap mampu. PS SMPN 2 mengikuti jejak PS SMPN 12 Kota Bekasi yang pada peringatan HUT RI tahun lalu juga ditunjuk tampil di Istana Negara. 

Sebagai peristiwa langka bersejarah yang baru pertama kali terjadi, kata Samsu, kesempatan ini harus direspon positif dan tak boleh disia-siakan. Oleh sebab itu, latihan harus dipersiapkan secara matang. 

Apalagi, penampilan PS SMPN 2 tak hanya akan membawa nama baik sekolah, namun juga nama baik Pemkot Bekasi dan Pemda Jabar. "Jadi, semua-semuanya harus maksimal. Kita harus tampil maksimal," ucap Samsu pula.

Ketiban Rezeki

Sementara itu Ririz mengatakan, terpilihnya PS SMPN 2 Bekasi tampil dalam peringatan 17 Agustus 2019 di Istana Negara ibarat ketiban 'rezeki'. Masalahnya, banyak sekolah berebut untuk bisa berpartisipasi namun yang terpilih SMPN 2 Bekasi. "Ini kan rezeki!" ungkap Ririz.

Sepakat dengan Samsu, Ririz berharap PS SMPN 2 Bekasi mampu tampil maksimal di puncak acara peringatan HUT Ke-74 RI di Istana Negara nanti. Ia pun bertekad tahap-tahap persiapan dan latihan akan  dilakukan dengan disiplin dan bertanggung jawab agar PS SMPN 2 Bekasi mampu menghasilkan performa terbaiknya.

Acara puncak menyambut HUT Ke-74 Kemerdekaan RI dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ny Iriana Joko Widodo, Wapres Jusuf Kalla dan istri serta calon wapres periode 2019-2024 Ma'ruf Amin dan istri. Sebagai kegiatan rutin kenegaraan setiap tahun, Presiden Jokowi akan bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Kemudian, diundang di deretan tamu undangan utama, antara lain  para mantan presiden dan mantan wapres serta para pejabat senior RI lainnya. Akan hadir pula, para pimpinan lembaga tinggi negara, ketua badan, jajaran menteri Kabinet Kerja, ketua-ketua partai dan para duta besar negara-negara sahabat.

Slogan resmi peringatan HUT Ke-74 RI adalah 'Menuju Indonesia Unggul'. Hal ini tampaknya terinspirasi ungkapan Presiden Jokowi bahwa prioritas utama Indonesia ke depan adalah pembangunan sumber daya manusia (SDM). Slogan ini ditempatkan pada logo HUT ke-74 Kemerdekaan RI. Tepatnya slogan resmi HUT RI itu diselipkan di bawah angka 74. ***

Editor : Pudja Rukmana