logo

Megawati: Saatnya Pancasila Dibumikan

Megawati: Saatnya Pancasila Dibumikan

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat membuka Kongres V PDIP di Grand Inna Bali Beach, Sanur, Kamis (8/8/2019) (Istimewa)
08 Agustus 2019 19:45 WIB
Penulis : Dwi Putro Agus Asianto

SuaraKarya.id - DENPASAR: Dalam Kongres V Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menyampaikan pentingnya Pancasila dibumikan.

"Dalam perspektif ideologis yang diajarkan Bung Karno kepada saya, Pancasila bukan suatu ideologi yang utopis. Pancasila adalah ideologi terbuka, yang kehadirannya dapat dirasakan oleh rakyat dalam wujud kesejahteraan dan keadilan sosial," kata Megawati dalam pembukaan Kongres V Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Denpasar, Kamis (8/9/2019).

Pernyataan tegas dilontarkan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri di depan kongres V PDIP di Hotel Grand Inna Bali Beach, Sanur, Kamis (8/8) menyikapi turunnya Ijtimak ulama GNPF tentang konsep NKRI bersyariah.

 

Megawati menegaskan bahwa Pancasila sudah final. “Pancasila sudah final dan tidak dapat ditawar lagi. Jangan diperdebatkan lagi.  Ini sudah menjadi ideologi,” tegas putri Bung Karno tersebut.

Menurut Megawati, perbedaan pilihan dalam Pemilu serentak 2019 telah usai. Saatnya duduk bersama. Saatnya untuk bermusyawarah agar Pancasila dapat dibumikan.

“Sebenarnya saya tidak sepakat dengan istilah membumikan Pancasila. Pancasila itu sudah tertanam di bumi ini. Bung Karno sendiri menyebut dirinya hanyalah penggali Pancasila,” ujarnya seperti dikutip radarbali.jawapos.com. ***