logo

Sinergi BAZNAS-Ralali.Com Berkorban Melalui Digital Berdayakan Peternak Desa

Sinergi BAZNAS-Ralali.Com  Berkorban Melalui Digital Berdayakan Peternak Desa

Ketua Panitia Kurban Nasional Berdayakan Desa, Muhamad Indra Hadi (kiri) bersam.Vice President Ralali.Com, Alfin Aulia Akbar meluncurkan kerja sama kurban melalui digital, Kamis (8/8/2019).
08 Agustus 2019 16:50 WIB
Penulis : Yon Parjiyono

SuaraKarya.id - JAKARTA: Satu lagi, sinergi antara Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan platform marketplace, Ralali.com memudahkan masyarakat muslim yang berniat berkorban pada Idul Adha 1440 hijriah.

Warga muslim dapat menunaikan ibadah Kurban dengan mudah di aplikasi Ralali.Com dipastikan memiliki nilai lebih. Sebab, dijamin tepat sasaran kepada yang berhak menerima, sekaligus membantu peningkatan.perekonomian peternak di desa.  Pasalnya, masih banyak peternak di pelosok desa yang belum sejahtera.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut angka kemiskinan di Indonesia pada Maret 2019 mencapai 25,14 juta jiwa. Dari jumlah tersebut, persentase penduduk kurang mampu yang tinggal di desa mencapai 12,85 persen.

Sebagai kontribusi dalam rangka membantu penduduk kurang mampu sekaligus menyambut Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada 11 Agustus 2019, BAZNAS di tahun ini menargetkan penyaluran daging kurban ke berbagai wilayah pelosok yang jarang terjamah.

Untuk menjangkau seluruh masyarakat di berbagai daerah, BAZNAS yang merupakan badan resmi penyalur zakat dan satu-satunya yang dibentuk pemerintah sejak 2001 menggandeng platform marketplace business to business (B2B) Ralali.com, berkolaborasi dalam program "Kurban Berdayakan Desa Melalui Ralali.com untuk Pengembangan UMKM".

Kolaborasi ini bertujuan memberi kemudahan kepada pelaku usaha dalam melakukan ibadah kurban secara digital, dimana pasca pelaksanaan kurban selesai dilakukan para Mudhahhy (orang yang berkurban) akan langsung menerima laporan dari BAZNAS.

Di lain sisi, program ini turut membantu para UMKM sesuai dengan misi Ralali.com, yang dalam hal ini hewan kurban dipastikan berasal dari peternak yang berlokasi di pedesaan.

Ketua Panitia Kurban Nasional BAZNAS 2019, Mohammad Indra Hadi mengatakan, ”BAZNAS terus berinovasi dalam melayani masyarakat, termasuk dalam menjalankan ibadah kurban. Kerjasama dengan Ralali.com ini akan memudahkan masyarakat untuk menunaikan kurban sekaligus memberdayakan masyarakat desa.

"Kami berterima kasih kepada Ralali.com yang telah membantu masyarakat Indonesia untuk tetap dapat berkurban di tengah kesibukan aktivitasnya. BAZNAS berharap kerjasama ini dapat terus terjalin sehingga memiliki manfaat yang semakin luas," kata Indra Hadi.

Hewan kurban yang dijual BAZNAS melalui platform Ralali.com diambil langsung dari peternak hewan kurban yang berlokasi di desa-desa di Indonesia.

Harga kurban yang dijual pun dipastikan sesuai dengan standar yang berlaku yaitu mulai dari Rp 2.500.000 hingga Rp 17.000.000 berdasarkan kategori jenis hewan kurban.

“Selama 18 tahun BAZNAS telah dipercaya untuk mengelola dana zakat, infaq, dan sedekah (ZIS). Tidak berhenti disana, BAZNAS juga berpikiran jauh ke depan dengan menggandeng Ralali.com untuk penyedia kurban secara digital.

Agar penyaluran daging kurban bisa tersampaikan secara merata dan tepat sasaran, pihak BAZNAS juga akan melakukan koordinasi dengan anggota-anggotanya di berbagai daerah, untuk kemudian dikelola dengan baik sesuai dengan permintaan para UMKM yang berkurban.

Vice President of Partnership & Monetizing, Ralali.com, Alvin Aulia Akbar menjelaskan, ”Ralali.com_ berharap Kurban digital ini mampu membantu para pelaku UMKM dalam menjalankan ibadah kurban dengan mudah, aman, dan nyaman, lantaran adanya transparansi berupa laporan langsung dari Baznas sebagai penyelenggara. Selain berkurban, pelaku UMKM juga dapat sekaligus berinfak. Dana infak yang terkumpul nantinya akan disalurkan langsung kepada pengungsi Palestina melalui BAZNAS.

Kolaborasi bersama partners melalui program maupun inovasi teknologi akan terus dijalankan Ralali.com, ke depannya, demi memberikan dampak yang signifikan di dalam pengalaman berbelanja segala kebutuhan usaha maupun momentum-momentum besar lainnya.

Editor : Yon Parjiyono