logo

Ratusan Warga Manfaatkan Layanan Kesehatan Di Rail Clinic

Ratusan Warga Manfaatkan Layanan Kesehatan Di Rail Clinic

Petugas kesehatan sedang memeriksa pasien di Rail Clinic yang hadir di Stasiun Solokota
08 Agustus 2019 16:38 WIB
Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Tidak kurang dari 400 warga masyarakat memanfaatkan kehadiran Rail Clinic di Stasiun Solokota, Sangkrah, Kota Solo, Jawa Tengah, Kamis (8/8/2019). Kereta api yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas pemeriksaan kesehatan tersebut dioperasionalkan untuk membantu pemeriksaan kesehatan secara gratis.

"Target 400 pasien kira layani untuk pemeriksaan dan pengobatan gratis kepada masyarakat," jelas Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasional (Daop) 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto, di sela-sela kegiatan di Stasiun Solokota.

Menurut Eko, kegiatan Rail Clinic tersebut merupakan program corporate social responsibility (CSR) yang digelar secara rutin oleh PT KAI. Hal ini juga sebagai bentuk kepedulian BUMN terhadap masyarakat di sekitar lingkungan kerja PT KAI.

"Di Rail Clinic ini layanan kesehatan yang dilakukan pemeriksaan kesehatan umum, gigi, cek kehamilan, pemeriksaan laboratorium serta layanan kefarmasian," jelasnya lagi.

Selain pemeriksaan dan pengobatan kesehatan, juga dibagikan kacamata gratis kepada murid-murid sebanyak 50 buah, pembagian alat olahraga, tempat sampah, serta penyuluhan kesehatan gigi.

"Ada juga rail library atau perpustakaan di dalam kereta. Di sana bisa untuk mengedukasi masyarakat agar paham soal internet, kereta api serta ilmu umum," ujarnya.

Sebelumnya, Rail Clinic ini juga hadir di Stasiun Kemiri, Karanganyar. Sementara itu, ratusan warga nampak antusias memanfaatkan layanan gratis tersebut. Setelah melakukan pendaftaran, mereka antre untuk masuk ruang pemeriksaan di dalam kereta. ***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto