logo

Danlanud Halim Perdanakusuma Pimpin Rapat Koordinasi KKOP

Danlanud Halim Perdanakusuma Pimpin Rapat Koordinasi KKOP

(Foto: Pen Lanud Halim P/suarakarya.id/dwi putro aa)
08 Agustus 2019 00:03 WIB
Penulis : Dwi Putro Agus Asianto

SuaraKarya.id - JAKARTA: Komandan Lanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI M. Tonny Harjono S.E., memimpin rapat koordinasi Kawasan Keselamatan Operasional Penerbangan (KKOP) dengan Instansi terkait, di Ruang Rapat Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (7/8/2019).

Hadir dalam pembahasan KKOP, pejabat Mabesau, Direktur Kebandaraudaraan Kemenhub, pejabat Koopsau 1, pejabat Lanud Halim Perdanakusuma, pejabat terkait Pemprov DKI Jakarta, serta beberapa pejabat dari PT. Angkasa Pura dan Airnav.

Dalam sambutannya, Komandan Lanud Halim Perdanakusuma menyampaikan bahwa rapat bertujuan untuk membahas KKOP di Lanud Halim Perdanakusuma dan sekitarnya.

Saat ini, bangunan-bangunan tinggi semakin banyak, frekuensi penerbangan juga semakin meningkat, disertai banyaknya kegiatan olah raga dirgantara, yang semuanya itu berpotensi menyebabkan terjadinya accident, ujar Danlanud Halim P.

“Meskipun sudah ada Perda Provinsi DKI Jakarta Nomor 7 tahun 2010 tentang Bangunan Gedung.  Namun karena peraturan itu sudah lama, tentunya ada perbedaan dengan perkembangan pembangunan dan banyaknya frekuensi penerbangan saat ini, sehingga perlu adanya rumusan baru,” kata  Danlanud Halim P.

Danlanud Halim Perdanakusuma berharap fungsi KKOP sebagai pengendalian ketinggian bangunan dan benda tumbuh di sekitar Lanud Halim Perdanakusuma untuk keselamatan operasi penerbangan dapat terkoordinasi dengan baik. 

“Kita tetap konsen terhadap KKOP, sehingga diharapkan tidak ada peluang sedikitpun yang dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan penerbangan," kata Danlanud Halim P.

“Untuk itu mari kita bahas bersama, rumuskan bersama, demi menghasilkan keputusan bagi keselamatan Penerbangan dimasa yang akan datang," ujar Danlanud P.

Acara dilanjutkan dengan pembahasan Kawasan Keselamatan Operasional Penerbangan (KKOP) yang dipandu Kepala Dinas Operasi Lanud Halim Perdanakusuma Kolonel Pnb I Gusti Putu Setia D. (Pen Lanud Halim P) ***