logo

Berburu Kuliner Banyuwangi? Datang Ke Sego Tempong Mbok Wah

Berburu Kuliner Banyuwangi? Datang Ke Sego Tempong Mbok Wah

28 Juli 2019 17:24 WIB
Penulis : Syamsudin Walad

SuaraKarya.id - BANYUWANGI: Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Banyuwangi tanpa mencoba kuliner lokal. Salah satu yang direkomendasikan adalah Sego Tempong Mbok Wah. Buat kalian pecinta kuliner pedas, tempat ini sangat direkomendasikan. Kenikmatannya dijamin bisa bikin ketagihan. Kalian yang datang saat Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) 2019 sempatkan deh ke tempat ini.

Sego Tempong Mbok Wah berada di Jalan Gembrung No. 220, Glagah, Bakungan, Banyuwangi. Untuk mencapainya, kita harus masuk ke dalam gang. 

Traveler perorangan bisa menggunakan jasa ojek online untuk mencapainya. Namun, buat kalian yang datang beserta keluarga, disarankan menggunakan jasa penyewaan mobil.

Lokasi Mbok Wah sendiri masih berada di dalam kota Banyuwangi. Yang artinya banyak pilihan tempat untuk menginap. Buat yang suka hotel, bisa memilih Hotel Aston atau El Royale. Namun Banyuwangi juga memiliki banyak homestay buat wisatawan yang kantongnya pas-pasan.

Staf Khusus Menpar Bidang Media dan Komunikasi Don Kardono, juga merekomendasikan Sego Tempong Mbok Wah.

“Kalau kita berkunjung ke sebuah destinasi, cobalah kuliner lokalnya. Sekaligus melengkapi pengalaman saat kita berwisata. Untuk Banyuwangi, Sego Tempong Mbok Wah bisa menjadi pilihan. Karena ada sesuatu yang berbeda yang ditawarkan,” papar Don, Jumat (26/7/2019).

Sego Tempong Mbok Wah sangat kaya akan rempah. Yang membuat nikmat, rempah-rempah tersebut meresap ke menu yang disajikan. 

Di Sego Tempong Mbok Wah, kita bisa memilih sendiri menu yang kita suka. Pilihannya banyak. Ada ikan goreng, ayam goreng, cumi kuah hitam, telor yang kaya bumbu, dan masih banyak lagi. 

Dan semua lauk itu disajikan dengan sambel yang sangat khas. Kenikmatan sambelnya membuat kita serasa di tempong, alias ditampar. Atau bahasa gaul anak-anak zaman now, rasanya nampol.

Kabid Pemasaran Area I (Jawa) Kemenpar Wawan Gunawan, juga merekomendasikan Sego Tempong Mbok Wah.

“Sego Tempong Mbok Wah termasuk kuliner yang paling nikmat di Banyuwangi. Kemasannya masih tradisional. Namun, itulah rahasia kenikmatannya. Selain tentunya sambelnya yang memang nikmat,” papar Wawan.

Pernyataan serupa disampaikan Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional II Kemenpar Adella Raung. Menurutnya, Sego Tempong Mbok Wah akan membuat penasaran.

“Sego Tempong itu adalah masakan khas Banyuwangi yang bisa dijumpai di setiap sudut kota Banyuwangi. Namun Mbok Wah sangat direkomendasikan buat wisatawan. Karena selain rasa, tempatnya juga nyaman. Ada lesehan dan bisa buat bersantai,” katanya.

Ketua Tim Calendar of Event Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuty, mengatakan momen Banyuwangi Ethno Carnival adalah waktu yang tepat untuk menikmati Sego Tempong Mbok Wah.

“Setelah lelah mengikuti carnival, mengisi perut di Sego Tempong Mbok Wah adalah pilihan tepat. Apalagi, Sego Tempong Mbok Wah buka sore. Jadi sangat tepat,” paparnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan kuliner memiliki peran yang penting dalam dunia pariwisata.

“Saat wisatawan memutuskan datang ke sebuah destinasi, salah satu yang menjadi pertimbangan adalah kuliner. Ia akan mencari tahu kuliner apa yang bisa didapat di destinasi. Bahkan, ada juga wisatawan yang datang untuk berburu kuliner. Itulah bukti kuliner dan pariwisata tidak bisa dipisahkan,” katanya.

Editor : Dwi Putro Agus Asianto