logo

Peringati 109 Tahun WO Sriwedari, Pentaskan Mahabharata Adibrata

Peringati 109 Tahun WO Sriwedari, Pentaskan Mahabharata Adibrata

Taman Sriwedari Solo
20 Juli 2019 09:48 WIB
Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Wayang Orang (WO) Sriwedari Solo, Jawa Tengah, tahun ini berusia 109 tahun. Grup WO Sriwedari terbentuk pada tahun 1910 atas prakarsa Raja Keraton Surakarta, Paku Buwono (PB) X pada tanggal 20 Juli 2019.

Untuk memperingati 109 tahun berdirinya WO Sriwedari, akan digelar pentas gabungan dari berbagai kota, dengan lakon "Mahabharata Adibrata", pada Sabtu 20 Juli 2019.

Menurut Koordinator WO Sriwedari, Agus Prasetyo, salah satu tantangan melestarikan kesenian tradisional tersebut adalah masuknya budaya modern ke generasi milenial.

"Peringatan ke-109 tahun Wayang Orang Sriwedari ini menjadi momentum kebangkitan kesenian tradisional," jelasnya.

Agus juga mengatakan meskipun budaya pop terus menggerus tetapi dirinya yakin jika kesenian tradisional masih bisa dinikmati semua orang dari belahan dunia mana saja.

"Seperti Teater Kabuki di Jepang yang nilai-nilai tradisinya tetap dipertahankan, sampai sekarang juga masih banyak penggemarnya," katanya.

Lebih lanjut, Agus mengatakan keberadaan WO Sriwedari saat ini menunjukkan perkembangan yang bagus. Hal ini dilihat dari jumlah penonton yang mulai meningkat. Wisatawan asing terutama dari Jepang juga menjadikan pertunjukan wayang orang tersebut sebagai salah satu tujuan wisata di Kota Solo.

"Regenerasi seniman WO Sriwedari mulai berjalan dengan tampilnya para pemain muda," katanya lagi.

Menyongsong 109 tahun WO Sriwedari, sejumlah acara diselenggarakan dengan mengusung tema '109 Tahun Wayang Orang Sriwedari Spirit of History, Untaian Kisah Menembus Kisah'. Tema tersebut bertujuan untuk mempelajari dan menghayati ukiran sejarah dan perjalanan panjang WO Sriwedari.

Sementara itu untuk pementasan wayang orang dalam rangka 109 tahun disutradari Billy Ardi. Sejumlah pemain wayang orang dari Jakarta, Jawa Timur dan sekitar Kota Solo turut memeriahkan pementasan tersebut.

"Cerita Mahabharata Adirata memuat pesan dan nilai-nilai positif bagi generasi muda khususnya dalam hal kesederhanaan, semangat dan optimisme untuk menggapai cita-cita," papar Billy. ***

Editor : Yon Parjiyono