logo

Bupati Kabupaten Sorong Lepas 186 Calon Jemaah Haji

Bupati Kabupaten Sorong Lepas 186 Calon Jemaah Haji

Foto:Humas Kabupaten Sorong
18 Juli 2019 13:32 WIB
Penulis : Yacob Nauly

SuaraKarya.id - AIMAS: Bupati Kabupaten Sorong Provinsi Papua Barat, Dr Johny Kamuru M.Si, didampingi sejumlah pejabat daerah ini  melepas  186  Calon Jemaah Haji (CJH) setempat  menuju Embarkasi  Makassar, Kamis (18/7/2019).

"Kita berharap seluruh jemaah asal Kabupaten Sorong  tetap sehat hingga selesainya pelaksanaan haji. Berangkat 186 orang kembali pun  tetap dalam jumlah yang sama," katanya saat melepas calon jemaah haji di Aula Jemaah Haji  Kantor Kemenag  Aimas, Sorong, Kamis (18/7/2019).

Bupati Kamuru, mengingatkan seluruh CJH  Kabupaten Sorong,  agar selalu menjaga kesehatan sehingga dapat menunaikan setiap rangkaian ritual haji dengan maksimal.

"Pemda juga sudah memberikan bantuan dalam bentuk material dan imaterial untuk pelaksanaan  manasik haji bagi Calon Haji asal Kabupaten Sorong. Sehingga,  diharapkan lebih memahami tata cara pelaksanaan haji nantinya," katanya.

Bantuan  Pemda  sebesar  Rp300 juta  kepada  CJH Kabupaten Sorong diperuntukkan  biaya transportasi mulai dari tiket,buruh dan bagasi dari Aimas ibu kota  Kabupaten Sorong hingga tiba di Makassar.

Dijelaskan,  kuota haji di Kabupaten Sorong meningkat dari tahun sebelumnya dan  ia berharap ke depan kuota dapat terus meningkat."Karena yang mendaftar juga semakin meningkat," tuturnya.

Ia  berharap,  di tanah Suci jemaah akan mendapatkan pelayanan yang sama dengan jemaah dari daerah lainnya dan meminta petugas haji untuk benar-benar menjalankan tugasnya dengan baik.

"Penyelenggara juga mesti meningkatkan kualitas pelayanan. Dan saat ini jemaah calon haji sudah semakin mudah mengakses berbagai informasi, sehingga hal-hal yang negatif lebih bisa diantisipasi," katanya.

Syamsuddin, salah satu warga Kabupaten Sorong, mengatakan, Pemerintah Kabupaten Sorong di bawah kepemimpinan  Bupati Dr Johny Kamuru,  memberikan perhatian khusus terhadap CJH Kabupaten Sorong  tahun 2019 berupa bantuan transportasi.

Biaya tersebut  digunakan  untuk  konsumsi dan akomodasi selama di embarkasih. Termasuk  untuk biaya obat-obatan yang nantinya dapat digunakan selama pelaksanaan ibadah haji.
Sesuai data di Kementerian Agama Kabupaten Sorong, terungkap  CJH setempat  (Kabupaten Sorong, Red),  tahun ini yang termuda 25 tahun yang  tertua 100 tahun lebih. ***