logo

Passing In Dan Passing Out Komandan Lanud Suryadarma

 Passing In Dan Passing Out Komandan  Lanud Suryadarma

(Foto: Pen Sdm/suarakarya.id/dwi putro aa)
18 Juli 2019 12:15 WIB
Penulis : Dwi Putro Agus Asianto

SuaraKarya.id - SUBANG: Setelah melaksanakan upacara serah terima jabatan Komandan Lanud Suryadarma yang dilaksanakan di Makoopsau I, pada tanggal 16 Juli 2019 yang lalu, acara serah terima jabatan Danlanud Suryadarma dilanjutkan dengan tradisi penyambutan dan pelepasan (Passing In dan Passing Out) Komandan Lanud Suryadarma yang dilakukan oleh seluruh anggota Lanud Suryadarma kepada Komandan Lanud Suryadarma yang baru di Subang, Rabu (18/7/2017). 

Kegiatan Passing In dilakukan untuk menyambut Komandan Lanud Suryadarma yang baru Marsma TNI I Wayan Sulaba S.Sos., M.Sc ini ditandai oleh pemberian Handboughet kepada Komandan Lanud Suryadarma beserta istri dan dilanjutkan berjalan berdampingan melewati jajar pasukan seluruh anggota Lanud Suryadarma.

Acara dilanjutkan dengan Danlanud Suryadarma menaiki Sisingaan yang merupakan tradisi khas kesenian Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Setelah tradisi Sisingaan selesai dilaksanakan, Danlanud Suryadarma yang lama Marsma TNI T. Sembiring Meliala menerima pejabat Danlanud Suryadarma yang baru di Mako Lanud Suryadarma. 

Acara kemudian dilanjutkan dengan perkenalan pejabat dilingkungan Lanud Suryadarma oleh Danlanud yang lama kepada Danlanud Suryadarma yang baru. Kemudian dilanjutkan dengan pemasangan foto Marsma TNI T. Sembiring Meliala, yang diabadikan masuk dalam daftar foto para mantan Danlanud Suryadarma dari masa ke masa serta pemasangan foto Danlanud Suryadarma di ruang lobby Danlanud Suryadarma.

         Malam Pisah Sambut

Setelah kegiatan Passing In selesai dilaksanakan, pada malam hari dilaksanakan acara malam pisah sambut yang dilaksanakan di Hanggar Pusdikterla Lanud Suryadarma yang dilanjutkan dengan kegiatan Passing Out.

Dalam kesempatan tersebut Danlanud Suryadarma yang lama Marsma TNI T. Sembiring Meliala mengungkapkan kesan dan pesan selama berdinas di Lanud Suryadarma selama 23 bulan serta berterimakasih atas dedikasi serta loyalitas para anggota Lanud Suryadarma serta hubungan yang harmonis dengan Forkopimda Kabupaten Subang.

“Lanud Suryadarma adalah sarat dengan prestasi yang membanggakan. Seperti juara satu Safety TNI Angkatan Udara, Penghargaan Prajurit Teladan untuk Kriteria Tamtama,” ujar Alumni AAU 87 dengan bangga sambil mengucapkan harapannya semoga Danlanud yang baru yang masih muda serta enerjik akan lebih baik lagi dalam memimpin Lanud Suryadarma dimasa mendatang.

Demikian halnya dengan Komandan Lanud Suryadarma yang baru Marsma TNI I Wayan Sulaba S.Sos., M.Sc dalam sambutannya, beliau memperkenalkan diri kepada seluruh Forkopimda dan anggota Lanud Suryadarma.

 “Saya selaku Danlanud Suryadarma yang baru kulonuwon serta mohon dukungan serta kerjasama dari Forkopimda Subang dan seluruh anggota Lanud Suryadarma, guna melanjutkan tugas dengan lebih baik di Subang ini,” ujarnya.

Dalam acara tersebut banyak acara yang tersusun secara spontanitas, mulai dari penyerahan cinderamata kepada Komandan lama, penampilan Ibu-Ibu PIA Ardhya Garini Cabang 5/Daerah I Lanud Suryadarma, penampilan Skadron Udara 7 serta penampilan dari siswa Sekbang PSDP yang membawakan tarian Gendang Karo Dewata.

Setelah kegiatan malam pisah sambut selesai dilaksanakan, kegiatan dilanjutkan dengan acara Passing Out Parade berupa jajar kehormatan dari seluruh personel Lanud Suryadarma sebagai bentuk pengantaran menuju tempat tugas yang baru kepada Danlanud Suryadarma yang lama Marsma TNI T. Sembiring Meliala. Suasana malam yang hening, menambah suasana haru ketika mantan Komandan Lanud Suryadarma beserta keluarga meninggalkan Hanggar Pusdikterla Lanud Suryadarma. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Bupati dan Wakil Bupati Subang, Danwing 8 Lanud Suryadarma Kolonel Pnb Taufik Arasj, Danwingdiktek, Danwingdikkal, Kapolres Subang, Dandim 0605/Subang, Danyonif 312/Kala Hitam, Kepala Kejaksaan Negeri Subang, Ketua Pengadilan Negeri Subang, Dankipan C Yonko 461 Paskhas, serta para undangan lainnya. (Pen Sdm) ***