logo

AYDA 2019, Ajang Sinergi Nippon Paint-Kemristek Dikti Dukung Talenta Muda

AYDA 2019, Ajang Sinergi  Nippon Paint-Kemristek Dikti Dukung Talenta Muda

17 Juli 2019 22:37 WIB
Penulis : AG. Sofyan

SuaraKarya.id - JAKARTA: Asia Young Designer Award (AYDA) kembali digelar. AYDA 2019 menjadi kompetisi tahun ke-8, yang digelar oleh Nippon Paint di Indonesia. Kali ini berkongsi dengan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia.

Kompetisi Arsitektur dan Desain Interior Antar-Negara menjadi momentum untuk merespon harapan dan keinginan pemerintahan yang akan datang yang lebih memberikan dukungan pendidikan dan pengembangan diri bagi talenta-talenta Indonesia. Hal ini sesuai dengan Visi Indonesia yang disampaikan kepada rakyat Indonesia oleh Presiden Terpilih Joko Widodo dan Wapres Terpilih Ma'ruf Amin beberapa waktu lalu.

Asia Young Designer Award 2019 mulai diresmikan oleh Jon Tan, CEO (Decorative Paints) Nippon Paint Indonesia bersama Prof. Dr. Ismunandar, Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia di Auditorium Kemenristek Dikti, Selasa (16/7/2019).

AYDA 2019 di Indonesia bersinergi dengan berbagai pihak, dengan dukungan dari Kemenristekdikti di tahun ini, serta universitas dan para praktisi arsitektur dan desainer interior. Pada skala internasional, AYDA bekerjasama dengan Harvard Graduate School of Design.

Jon Tan selalu CEO Nippon Paint Indonesia mengatakan event ini menjadikan AYDA sebagai sebagai salah satu penghargaan bergengsi di Asia yang diselenggarakan di 15 lokasi geografis, yaitu Bangladesh, India, Indonesia, Iran, Jepang, Malaysia, Pakistan, Filipina, Singapura, Sri Lanka, Thailand, Tiongkok, Wilayah Teritori Tiongkok (Hong Kong & Taiwan), dan Vietnam.

“Dengan adanya dukungan Kemenristekdikti RI, kami yakin kompetisi ini akan berkembang dan bersinergi dengan lebih baik. Ditambah dukungan yang telah diberikan oleh para praktisi, industri dan berbagai universitas ternama di Indonesia, tentunya akan meningkatkan kualitas kompetisi ini dan mendukung talenta-telenta baru menjadi pemimpin di masa depan industri arsitektur dan desain interior,”ujar Jon Tan.

Kompetisi AYDA tahun ini menekankan pada ide-ide baru yang dapat menjadi solusi desain praktis dengan tema “Forward: A Sustainable Future”, merefleksikan masa depan yang berkelanjutan. AYDA, kata dia selalu mengedepankan tema dinamis dan terus disesuaikan dengan perkembangan lingkungan dan industri, yang menjadikan kompetisi ini sebagai katalis untuk mendorong kreativitas dan keberanian dalam berkarya.

"AYDA ingin memotivasi generasi muda untuk wujudkan visi mereka dan menjadikan masa depan yang berkelanjutan menjadi nyata bagi kita semua,"jelas Jon Tan.

AYDA tahun ini juga kembali memberikan beasiswa Summer School Program di Harvard Graduate School of Design kepada juara pertama di tingkat Asia.

Jon Tan menambahkan, Nippon Paint selalu membuka diri untuk berkerjasama dengan berbagai pihak, guna mendorong peningkatan kemampuan bersaing desainer muda Indonesia di tingkat global***

Editor : Yon Parjiyono