logo

Indonesian Coast Guard Dan USCG Evakuasi Korban Di Laut

Indonesian Coast Guard Dan USCG Evakuasi Korban Di Laut

(Foto: Humas Bakamla/Puspen TNI/suarakarya.id/dwi putro aa)
12 Juli 2019 20:03 WIB
Penulis : Dwi Putro Agus Asianto

SuaraKarya.id - BATAM: Tim gabungan Indonesian Coast Guard dan United States Coast Guard (USCG) melakukan evakuasi korban jatuh di laut dalam sebuah simulasi Latihan Bersama Small Boat Operation (SBO) II di Perairan Batu Ampar, Batam, Kepulauan Riau, Rabu (10/7/2019). 

Dalam skenario latihan, dilakukan upaya pertolongan terhadap korban berjalan. Hal ini tidaklah sesederhana yang terlihat, karena terkendala cuaca buruk. Tim gabungan coast guard kedua negara berupaya melaksanakan prosedur pertolongan sesuai dengan teori yang telah diajarkan sebelumnya.

Evakuasi orang jatuh di laut atau yang disebut dengan istilah Man Overboard (MOB) merupakan salah satu bentuk upaya penyelamatan korban di laut. Sarana transportasi air yang digunakan dapat berupa kapal, Rigid Hulled Inflatable Boat (RHIB), perahu karet, dan sebagainya.

Sesuai d?ng?n ketentuan keselamatan jiwa d? laut dan aspek kemanusiaan, maka kapal ??ng melihat orang jatuh di laut harus melakukan upaya pertolongan semaksimal mungk?n dengan memperhatikan keselamatan kapal dan awak kapal sendiri.

Latihan bersama SBO II ini juga mempelajari tentang sistem navigasi, peraturan navigasi, lepas sandar kapal, dan perbaikan mesin RHIB yang mati di tengah laut. (Humas Bakamla/Puspen TNI) ***