logo

Wakil Bupati Sorong Pimpin Rapat Koordinasi Terkait Masalah Teknis Pendidikan Setempat

Wakil Bupati Sorong Pimpin Rapat Koordinasi Terkait Masalah Teknis  Pendidikan Setempat

11 Juli 2019 22:18 WIB
Penulis : Yacob Nauly

SuaraKarya.id - AIMAS:Wakil Bupati Kabupaten Sorong,Suka Harjono S.Sos,M.Si, memimpin rapat koordinasi terkait permasalahan  guru serta pengawasan sejumlah masalah lainnya yang sangat prinsip di ruang rapat Kantor Inspektorat setempat, Kamis (11/7/2019).  

Sejumlah laporan dan masukan dari peserta rapat ditampung lalu dibahas bersama. Para pejabat dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sorong, Inspektorat, Bapeda dan instansi terkait membahas masalah teknis pendidikan di daerah ini, bersama.

Masalah-masalah menyangkut mutasi jabatan/guru dari SMP ke SD apakah itu  guru hidang studi mau pun guru kelas.

Utamanya, terkait  paraf koordinasi teknis baik instansi mau pun pejabat  berkepentingan  dalam pengusulan seorang pejabat setingkat kepala sekolah.

Terkadang pengusulan seorang pejabat langsung ke bupati tanpa  paraf koordinasi. Sehingga, terkesan  pejabat  yang berkompeten terlangkahi.

“Takutnya, suatu keputusan prinsip itu  tak bertahan  hingga beberapa minggu diganti lagi. Karena, itu diduga  adalah keputusan yang  tidak melalui paraf kordinasi, sesuai aturan yang berlaku. Untuk menghindari  hal-hal semacam itu, ke depan paraf koordinasi  diutamakan,”kata Wakil Bupati Harjono.

Menyangkut pengawasan, sejumlah pengawas sekolah mengusulkan agar kesejahteraan paling tidak  transpor pengawas diperhatikan.

Pasalnya, untuk menjangkau daerah  paling terpencil membutuhan  biaya transportasi yang cukup tinggi, sedangkan pengawas tak memiliki anggaran untuk  itu.

Menjawab keluhan para pengawas itu, pihak Bapeda setempat, menganjuirkan agar OPD  berkepentingan dapat  memprogramkan  kebutuhan pendidikan sesuai  kenyataan dan harus  bisa diuraikan  dalam dokumen  pengusulannya.

Wakil Bupati Suka Harjono dan Bupati Johny Kamuru, sangat mendukung  kualitas pendidikan di Kabupaten Sorong  untuk ditingkatkan di masa datang.

Karena itu, Bupati Johny Kamuru  beserta wakilnya, dalam waktu dekat akan  menerapkan kurikulum bahasa MOI. Itu, akan diterapkan pada  jenjang pendiidkan SD dan SMP. ***  

Editor : Dwi Putro Agus Asianto