logo

Wapres Jusuf Kalla Minta RS YARSI Berikan Pelayanan Terbaik

Wapres Jusuf Kalla Minta RS YARSI Berikan Pelayanan Terbaik

10 Juli 2019 23:37 WIB
Penulis : AG. Sofyan

SuaraKarya.id - JAKARTA : Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan meningkatnya permintaan masyarakat terhadap berbagai fasilitas kesehatan harus dihadapi dengan kesiapan Rumah Sakit untuk meningkatkan pelayanan. Ini penting sebagai salah satu implementasi dari program Jaminan Kesahatan Nasional (JKN) yang dicanangkan pemerintah.

“Kalau dulu masyarakat ingin ke Puskesmas, sekarang ingin ke rumah sakit yang modern. Itulah tuntunan yang tidak bisa dihindari, karenanya pelayanan harus lebih ditingkatkan lagi dengan berbagai teknologi yang ada,” kata Wapres JK saat grand launching Rumah Sakit (RS) YARSI di Jakarta, Rabu (10/7/2019 ).

Lebih lanjut, Wapres JK mengingatkan tiga unsur dalam menjaga kesehatan, yaitu faktor genetika, faktor kebersihan, lingkungan bersih, dan keberadaan Rumah Sakit. Menurut dia, Rumah sakit adalah penampung dari tiga masalah yang tidak bisa terselesaikan.

. Lebih lanjut, Wapres JK mengingatkan tiga unsur dalam menjaga kesehatan, yaitu faktor genetika, faktor kebersihan, lingkungan bersih, dan keberadaan Rumah Sakit. Menurut dia, Rumah sakit adalah penampung dari tiga masalah yang tidak bisa terselesaikan.

"Kalau saya ke daerah ketika melihat Rumah Sakit, seperti di Bangka, Direktur Rumah Sakit bangga antrian pasien sejak subuh. Padahal, kalau antri dari subuh berarti pelayanannya kurang,” kata Wapres.

JK membandingkan dokter masa kini tidak bisa hanya bermodalkan stetoskop seperti zaman dulu, kini dokter juga harus mengikuti perkembangan teknologi yang diimplementasikan dalam alat-alat kesehatan. Dengan begitu, pelayanan kesehatan dapat lebih terintegrasi.

“Dokter tidak bisa lagi hanya dengan modal stetoskop bisa kasih resep orang. Oleh karena itu, rumah sakit tanpa peralatan kesehatan, maka tidak akan bisa lagi memberikan layanan yang terbaik kepada masyarakat,” ujar Wapres.

Sementara, Direktur RS YARSI, Yadi Mulyadi mengatakan, RS YARSI telah konsisten mengimplementasikan Hospital Information System, yang terintegrasi dalam pelayanan electronic medical record (e-MR), electronic prescribing, Laboratory Information System (US), yang didukung secara komprehensisf oleh Picture Archiving and Communication System (PACS).

Kerjasama dengan beberapa platform juga mendukung untuk dilakukannya online registration.

“Ini adalah pelayanan yang kita kolaborasi kan dengan fasilitas yang ada di rumah sakit ini, sehingga YARSI bisa menjadi referal dari Puskesmas dan Rumah Sakit lainnya,” ujar Mulyadi.

Termasuk, kata dia, Finance dan Human Resource Information System (HRIS) juga dikembangkan untuk manajemen RS. Pada akhirnya, digital hospital Ini akan terus dikembangkan menjadi sebuah big data yang mampu mendukung peningkatan pelayanan dan kepuasan pasien.

“Kalau hanya teknologi yang berjalan sedangkan SDM tidak, maka sama saja seperti robot. Kombinasi inilah yang diperlukan Rumah Sakit,” katanya***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto