logo

Krisis AS - Iran Memanas: Trump Serang Balik Pernyataan Hassan Rouhani

Krisis AS - Iran Memanas: Trump Serang Balik Pernyataan Hassan Rouhani

25 Juni 2019 23:29 WIB
Penulis : Gungde Ariwangsa SH

SuaraKarya.id - WASHINGTON: Presiden Donald Trump mengecam pernyataan bodoh dan menghina yang dikeluarkan oleh Iran setelah Amerika Serikat mengumumkan sanksi baru terhadap negara Timur Tengah itu.

Tweet Trump  muncul setelah Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan langkah sanksi baru AS itu membuktikan bahwa Gedung Putih terbelakang mental.

Menurut laporan bbc.com, Trump mengatakan itu menunjukkan para pemimpin Iran tidak memahami kenyataan.

Dia meluncurkan sanksi pada hari Senin, sebagai respons terhadap perilaku agresif baru-baru ini oleh Iran.

Sanksi tersebut menargetkan sejumlah individu, terutama Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, yang dikatakan Trump pada akhirnya bertanggung jawab atas perilaku bermusuhan rezim.

AS menuduh Ayatollah Khamenei memiliki akses ke kekayaan besar yang membantu mendanai Korps Pengawal Revolusi Islam (IRCG). Dalam 2018 op-ed, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo menyarankan itu sebanyak  95 miliar dolar AS  dan digunakan sebagai dana khusus untuk IRGC.

Tetapi Rouhani mempertanyakan mengapa AS akan memilih seorang pria yang katanya hanya memiliki [tempat doa] Hoseyniyyeh dan rumah sederhana, menyebut sanksi keterlaluan dan idiot.

Dia juga mengatakan pihaknya menyarankan AS berbohong tentang menginginkan dialog.

Namun Trump mengatakan satu-satunya hal yang dipahami Iran adalah kekuatan dan kekuatan, dan AS sejauh ini merupakan kekuatan militer paling kuat di dunia.

"Setiap serangan oleh Iran terhadap apa pun yang dilakukan Amerika akan disambut dengan kekuatan besar dan luar biasa," tulisnya dalam tweet. "Di beberapa daerah, kewalahan berarti melenyapkan." ***