logo

Tenis Wimbledon: Formula Undian Tidak Benar

Tenis Wimbledon: Formula Undian Tidak Benar

Rafael Nadal bersiap untuk memukul forehand
25 Juni 2019 22:32 WIB
Penulis : Gungde Ariwangsa SH

SuaraKarya.id - MADRID: Petenis nomor dua dunia Rafael Nadal mengatakan, sepertinya tidak benar bahwa dia bisa diunggulkan di atas petenis nomor tiga dunia Roger Federer di Wimbledon.

Undian Wimbledon berbeda dari Grand Slam lainnya karena tidak selalu mengikuti peringkat dunia dan dipengaruhi oleh penampilan di lapangan rumput. Itu berarti Federer mungkin diunggulkan di depan Nadal, yang bisa berada di babak yang sama dengan Novak Djokovic.

"Hanya Wimbledon yang melakukannya," kata pemenang  Prancis Terbuka sebanyak 12 kali itu.

Berbicara kepada stasiun TV Spanyol #Vamos, Nadal menambahkan: "Jika semua orang melakukannya, saya pikir itu akan sesuai atau benar. Either way, menjadi unggulan kedua atau ketiga, saya harus bermain di level terbaik untuk bercita-cita untuk hal-hal yang saya cita-citakan."

"Lebih baik menjadi yang kedua dari yang ketiga, tetapi jika mereka menganggap bahwa saya harus yang ketiga, saya akan menerimanya."

Unggulan Wimbledon akan diumumkan pada hari Rabu dan Nadal, 33, kemungkinan akan berada di belakang juara bertahan Djokovic dan pemenang delapan kali Federer, yang memenangkan gelar ke-10 di turnamen lapangan rumput di Halle pekan lalu.

Pembalap Spanyol itu kalah di semifinal Wimbledon dari petenis nomor satu dunia Djokovic tahun lalu tetapi belum berhasil melewati putaran keempat dalam lima penampilan sebelumnya.

Jika dia diunggulkan di peringkat ketiga, Nadal mungkin harus mengalahkan Djokovic dan Federer untuk memenangkan gelar Wimbledon pertamanya sejak 2010.

32 pemain top dunia akan diunggulkan, tetapi urutannya mungkin tidak mengikuti peringkat dunia.

Sistem Wimbledon memihak spesialis lapangan rumput - mengambil poin peringkat ATP pemain, menggandakan poin yang diperoleh di turnamen lapangan rumput pada tahun lalu dan menambahkan 75% dari poin yang diperoleh di rumput tahun sebelumnya.

Unggulan wanita mengikuti daftar peringkat WTA tetapi perubahan dapat dilakukan untuk menyeimbangkan, itulah sebabnya Serena Williams, peringkat 183 sebelum turnamen tahun lalu, adalah unggulan ke-25 pada 2018. ***