logo

Belanda Dilanda Pemadaman Telekomunikasi Terbesar Dalam Sejarah

Belanda Dilanda Pemadaman Telekomunikasi Terbesar Dalam Sejarah

Gangguan berasal dari jaringan operator nasional Royal KPN
25 Juni 2019 08:35 WIB
Penulis : Gungde Ariwangsa SH

SuaraKarya.id - DEN HAAG: Belanda  dilanda pemadaman telekomunikasi terbesar dalam sejarah baru-baru ini, dengan nomor layanan darurat mati di seluruh negeri.

Gangguan, yang berlangsung empat jam, berasal dari operator nasional Royal KPN, dan mempengaruhi penyedia lain yang terhubung ke jaringannya.

KPN mengatakan penyebabnya masih belum jelas tetapi tampaknya bukan peretasan.

"Kami tidak memiliki alasan untuk menganggap itu (peretasan) dan kami memantau sistem kami 24/7," kata seorang juru bicara perusahaan kepada Reuters.

Telepon rumah dan ponsel yang terhubung ke jaringan KPN juga terpengaruh.

Berbicara kepada saluran berita Nieuwsuur, direktur dewan KPN Joost Farwerck mengatakan jaringan telah didukung untuk mencegah kerusakan, tetapi cadangan tidak berfungsi.

Selama gangguan, polisi tambahan dikirim ke jalan-jalan di seluruh negeri.

Pihak berwenang juga menyarankan orang untuk pergi langsung ke rumah sakit atau ke polisi atau stasiun pemadam kebakaran untuk keadaan darurat apa pun.

Tanggapan pemerintah memicu reaksi setelah orang-orang yang mencoba menghubungi 112 nomor layanan darurat diberitahu untuk menghubungi nomor yang digunakan oleh editor surat kabar lokal De Telegraaf.


Menteri Kehakiman dan Keamanan Ferdinand Grapperhaus mengatakan kepada De Telegraaf bahwa kementerian sedang menyelidiki bagaimana nomor yang salah diberikan.

"Apakah itu lelucon kantor atau benar-benar tidak ada rencana ?," tweeted politisi Green Dutch Kathalijne Buitenweg.

KPN bukan satu-satunya penyedia telekomunikasi yang mengalami masalah jaringan baru-baru ini. Awal bulan ini, Vodafone mengalami "gangguan" pada layanan broadband seluler dan telepon tetapnya, yang memengaruhi pelanggan di Inggris dan beberapa negara lain. ***