logo

Argentina Lolos Dari Lubang Jarum Ke Perempat Final Copa America

Argentina Lolos Dari Lubang Jarum Ke Perempat Final Copa America

Foto: Istimewa.
24 Juni 2019 15:23 WIB
Penulis : Markon Piliang

SuaraKarya.id - JAKARTA: Tim nasional Argentina akhirnya lolos dari lubang jarum untuk melangkah ke perempat final Copa America 2019 di babak penyisihan Grup B. Lionel Messi dan kawan-kawan ke babak delapan besar mendampingi Kolombia sebagai pemuncak klasemen.

Argentina yang kalah di laga pertama dan imbang di laga kedua, akhirnya memastikan diri lolos ke perempat final usai menang 2-0 atas Qatar dalam pertandingan pamungkas di Stadion Gremio Arena, Porto Alegre, Brazil, Senin (24/6/2019) dini hari WIB.

Gol penyerang Inter Milan Lautaro Martinez dan striker Manchester City Sergio Aguero berhasil menempatkan Argentina di peringkat kedua klasemen akhir Grup B dengan koleksi empat poin, di bawah Kolombia (9). Kelolosan Argentina dari fase penyisihan grup Copa America 2019 seolah mengulangi putaran final Piala Dunia 2019 di Rusia, di mana mereka harus menanti hingga laga pamungkas untuk memastikan melangkah.

Di pertandingan lain yang berlangsung bersamaan di Arena Fonte Nova, Salvador, Kolombia menjaga catatan sempurna mereka dengan mengalahkan Paraguay 1-0 berkat gol tunggal Gustavo Cuellar.

Kedua hasil pertandingan itu sekaligus mempengaruhi Peru yang menempati peringkat ketiga Grup A dengan koleksi empat poin dan dipastikan melaju ke perempat final sebagai salah satu dari dua tim peringkat ketiga terbaik.

Sebaliknya, Paraguay (2) yang berada di peringkat ketiga Grup B harus menantikan hasil akhir laga pamungkas Grup C, khususnya pertandingan antara Ekuador kontra Jepang. Jika laga itu berakhir imbang, Paraguay akan lolos mendampingi Peru sebagai peringkat ketiga terbaik fase penyisihan grup dengan bekal dua poin dan defisit satu gol saja.

Seperti dilansir Antaranews.com, enam tim telah memastikan kelolosan ke perempat final yakni Kolombia dan Argentina dari Grup B, Brazil, Venezuela dan Peru dari Grup A serta pemuncak klasemen sementara Grup C, Chile. ***