logo

10 Finalis Miss Jakarta Fair 2019 Ikut Program Donor Darah

10 Finalis Miss Jakarta Fair 2019 Ikut Program Donor Darah

Salah satu peserta Miss Jakarta Fair 2019 menyampai kesan-kesan mengikuti.program donor darah, Kamis (20/6/2019).
21 Juni 2019 18:27 WIB
Penulis : Yon Parjiyono

SuaraKarya.id - JAKARTA: Sepuluh Finalis Miss Jakarta Fair 2019 ikut menjadi peserta program Corporate Social Responbility (CSR), donor darah.

Kegiatan donor darah di Jakarta Fair ini sudah berlangsung selama 11 hari, yang dimulai sejak 22 Mei hingga 30 Juni mendatang.

Marketing Director PT JIExpo Kemayoran, Ralph Scheunemann mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian sosial Miss Jakarta Fair terhadap sesama.

Menurutnya Ralph, bagi para finalis, kegiatan ini merupakan salah satu yang paling ditunggu-tunggu oleh mereka.

Dia mengungkapkan kesepuluh finalis Jakarta Fair 2019 yakni Vinnilya (18), Karlin Hayanti (35), Take Juwi Tara (24), Mahdika Wijaya (27), Dessy Paramita Dewy (38), Euginia Laina (22), Nindy Pangkola (28), Illona Novita Ethania (11), Alicia Aurra Putri (10), dan Vebriantri Hananto (15).

Menurut Ralph, kegiatan seperti ini pun memberikan manfaat yang besar. Rasa takut dari para finalis bisa dilawan karena besarnya keinginan untuk membantu kepada masyarakat yang membutuhkan donor darah.

Raplh berharap para finalis miss Jakarta Fair 2019 ini juga memberikan dampak positif bagi pengujung. Yakni dengan ikut menjadi peserta donor darah.

“Harapan saya, selain dikenal dengan sebuah ajang pameran besar multi produk dan hiburan, Jakarta Fair juga dikenal sebagai acara yang rutin menghadirkan program Corporate Social Responbility (CSR), salah satunya adalah donor darah,” ucapnya.

Lokasi kegiatan donor darah berada di dekat Hall B JIExpo Kemayoran. Kegiatan donor darah akan berlangsung selama tiga jam, mulai dari pukul 17.00 WIB hingga 20.00 WIB.

Program donor darah sendiri diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat banyak. Selain itu, hasil dari kerja sama antara Jakarta Fair dan Palang Merah Indonesia (PMI) tersebut mampu menambah stok kantung darah bagi mereka yang membutuhkan.

Donor darah sudah menjadi kegiatan rutin Jakarta Fair dari tahun ke tahun. Hal itu merupakan komitmen PT. Jakarta International Expo sebagai penyelenggara Jakarta Fair untuk berbagi kepedulian dan kemanfaatan kepada orang-orang yang membutuhkan.

Di sisi lain, bukan Jakarta Fair namanya jika tidak menyediakan berbagai hadiah. Di Jakarta Fair tahun 2019, 50 pendonor pertama setiap harinya akan mendapatkan hadiah menarik.

Bagi pengunjung Jakarta Fair yang berniat mendonorkan darah, harus memiliki syarat-syarat seperti dibawah ini: 1. Sehat jasmani dan rohani. 2. Usia 17 sampai dengan 60 tahun. 3. Berat badan minimal 45 kg. 4. Tekanan Darah: • sistole 100 - 180 • diastole 70 - 100

5. Kadar haemoglobin 12,5 g% 6. Interval donor minimal 12 minggu atau 3 bulan sejak donor darah sebelumnya (maksimal 5 kali dalam 1 tahun).

Adapun sebelum mendatangi booth donor darah, pengunjung juga wajib mempersiapkan diri, seperti yang disarankan oleh PMI sebagai berikut:

1. Tidur minimal 4 jam sebelum donor.2. Makanlah 3 - 4 jam sebelum menyumbangkan darah. Jangan menyumbangkan darah dengan perut kosong.

3. Minum lebih banyak dari biasanya pada hari mendonorkan darah (paling sedikit 3 gelas).

4. Setelah donor beristirahat paling sedikit 10 menit sambil menikmati makanan donor, sebelum kembali beraktifitas. 5. Kembali bekerja setelah donor darah tidak berbahaya untuk kesehatan.6. Untuk menghindari bengkak di lokasi bekas jarum, hindari mengangkat benda berat selama 12 jam. 7. Banyak minum sampai 72 jam ke depan untuk mengembalikan stamina.

Editor : Yon Parjiyono