logo

Melepaskan Anggota Purna Tugas Seperti Polres Manokwari

Melepaskan Anggota Purna Tugas Seperti Polres Manokwari

18 Juni 2019 23:37 WIB
Penulis : Yacob Nauly

SuaraKarya.id - MANOKWARI: Kapolres Manokwari, Papua Barat, AKBP Adam Erwindi melepas sejumlah anggota yang sudah memasuki masa purna tugas atau pensiun dengan cara unik.

Setelah digelar Upacara Wisuda dan Tradisi mereka di panggul dengan menggunakan tandu kayu untuk diantar ke luar halaman Mapolres. Kapolres Erwindi pun tak canggung-canggung menjadi salah satu pemanggul tandu yang membawa mantan anak buahnya itu.

"Ini sebagai bentuk penghargaan kepada mereka, karena berhasil mengemban tugas sejak awal hingga akhir tanpa meninggalnya cacat sedikitpun baik terhadap institusi maupun bagi dirinya sebagai anggota Polri," kata Kapolres usai kegiatan di Manokwari, Selasa (18/6/2019).

Ia menyebutkan, sejak November 2018 hingga Juni 2019 ada enam personil Polres Manokwari yang memasuki masa pensiun. Mereka adalah Kompol Laose Ugo, Ipda Agus Mulyono, Ipda Ngadimin, Bripka Eren Wamafma, Brigadir Muhamad Arfa dan Aipda Tallo Manurung.

Kapolres memuji enam personil tersebut karena bisa bertahan dan menjaga nama baik selama 38 tahun masa tugas.

"Tidak semua anggota Polri bisa seperti itu, kadang ada yang putus di tengah jalan karena terkena kasus entah yang berkaitan dengan profesi maupun kasus lain. Untuk itu sebagai juniornya kami hormat dan melepas dengan memanggul dan mengantarkanya hingga pintu keluar Mapolres," sebut Adam.

"Upacara wisuda dan pelepasan sudah menjadi tradisi Polri. Untuk pemanggulan bari pertama kali ini kami laksanakan di Polres Manokwari," ujarnya menambahkan.

Adam pun mengimbau para personil yang masih aktif untuk menjalankan tugas secara baik. Nama baik institusi, keluarga serta pribadi harus dijaga.

Bagi enam personil yang baru memasuki masa pensiun diminta agar bisa menyesuaikan diri sebagai masyarakat biasa, serta terus menjaga nama baik institusi Polri.

"Jaga kesehatan, meski sudah pensiun kami masih mengharap sumbangsih saran dan pemikiran untuk kemajuan Polres Manokwari," kata Kapolres lagi.  Antara ***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto