logo

Golf AS Terbuka: Tahan Pegolf Nomor Satu, Woodland Raih Gelar Mayor Pertama

Golf AS Terbuka: Tahan Pegolf Nomor Satu, Woodland Raih Gelar Mayor Pertama

Gary Woodland memegang piala utama yang pertama kali diraihnya
17 Juni 2019 22:30 WIB
Penulis : Gungde Ariwangsa SH

SuaraKarya.id - CALIFORNIA: Gary Woodland menahan laju pemain nomor satu dunia Brooks Koepka untuk mengklaim juara turnamen golf Amerika Serikat Terbuka ke-119 di Pebble Beach, Minggu atau Senin (17/6/2019) WIB. Ini merupakan gelar turnamen mayor (utama) pertama dalam karier Woodland.

Pegolf nomor 25 dunia asal AS itu mencetak dua under 69 untuk menang dengan skor keseluruhan  13 under. Dia unggul 3 pukulan atas  juara  dua kali Koepka yang secara mengejutkan mampu melaju ke posisi kedua.

"Itu istimewa. Saya tidak pernah mengira turnamen telah berakhir," kata Woodland.

Justin Rose dari Inggris yang sempat memimpin dengan birdie di lubang pertama pada hari Minggu, tetapi jatuh dengan 74 untuk menyelesaikan pada tujuh di bawah par.

Pegolf nomor empat dunia berusia 38 tahun itu, yang bertujuan untuk memenangkan gelar mayor kedua dalam karirnya setelah keberhasilannya di AS Terbuka 2013, mencetak lima bogey untuk menyelesaikan turnamen  di peringkat ketiga bersama pemain Spanyol Jon Rahm dan wakil Amerika Xander Schauffele dan Chez Reavie.

Irlandia Utara Rory McIlroy mengalami hari terakhir yang bergejolak yang termasuk bogey ganda di kedua dan 16, tetapi selesai dengan birdie untuk naik ke dalam top 10 dengan lima under.

Sementara itu, Tiger Woods memulai tembakan 11 hari dari kecepatan dan dengan cepat menyelinap di papan peringkat dengan empat bogey dalam enam lubang pertamanya. Pria  berusia 43 tahun, yang memenangkan Masters pada bulan April, memicu pemulihan yang mengesankan ketika ia mencetak enam birdie untuk menembak 69 dan menyelesaikan dua di bawah par di tempat rekor kemenangan 15-shot pada 2000.

"Saya bisa mendapatkannya under untuk minggu ini," kata juara utama 15 kali itu. "Biasanya itu adalah hal yang baik di AS Terbuka, tetapi orang-orang ini benar-benar membawanya ke lapangan golf." ***

Klasemen akhir:
-13 G Woodland (AS);
-10 B Koepka (AS);
-7 J Rose (Inggris), X Schauffele (AS), J Rahm (Spa), C Reavie (AS);
-6 A Scott (Aus), L Oosthuizen (SA);
-5 R McIlroy (NI), H Stenson (Swe), C Hadley (AS)
Pilihan:
-4 M Fitzpatrick (Eng), M Wallace (Eng), D Willett (Eng);
-3 G McDowell (NI);
-2 T Woods (AS), P Casey (Eng), T Hatton (Eng);
-1 S Lowry (Ire)