logo

Eks Trio Macan Iva Lola Heboh Goyang Sungailiat Triathlon 2019

Eks Trio Macan Iva Lola Heboh Goyang Sungailiat Triathlon 2019

16 Juni 2019 12:11 WIB
Penulis : Syamsudin Walad

SuaraKarya.id - BANGKA: Penyanyi dangdut mantan personil Trio Macan, Iva Lola sukses menggoyang masyarakat Bangka di event Sungailiat Triathlon 2019. Iva Lola bahkan berbaur dengan masyarakat dan sempat mengajak Bupati Bangka Mulkan SH MH untuk ikut bergoyang di pantai Tanjung Pesona, Sungailiat, Bangka Sabtu (15/6).

Iva yang tampil cantik dengan setelan celana panjang hitam dengan atasan bercorak hijau tampil dengan sejumlah lagu antara lain Kereta Malam, Syantik,  Sayang dan lain-lain. Masyarakat dan pejabat daerah pun berbaur ikut bergoyang. Suasana semakin semarak saat Iva Lola mengajak bupati Bangka Mulkan bernyanyi bersama.

"Seru juga, bupati dan pejabat daerahnya ikut berbaur. Ya seneng sih, masyarakatnya juga ramah, ikut menikmati," kata Iva Lola yang mengaku baru pertama ke Bangka. "Saya juga berterima kasih kepada Kemenpar yang mengundang saya ke acara ini. Semoga pariwisata kita bisa semakin maju," ujar Iva.

Bupati Mulkan yang sempat ikut bergoyang mengatakan kehadiran Iva Lola untuk menghibur masyarakat sambil menunggu finish para peserta. "Kami memang sengaja menghadirkan artis ibukota untuk menghibur masyarakat. Selain itu kami juga adakan parade dan aksi kesenian agar event Sungailiat Triathlon ini lebih berkesan," ujar Mulkan.

Ditambahkan Mulkan kesenian dan budaya merupakan bagian dari unsur pariwisata. Karena kegiatan Sungailiat Triathlon 2019 bukan semata-mata event olahraga, tetapi juga untuk memajukan pariwisata di Bangka maka pihak Pemkab Bangka pun menampilkan beragam kesenian dan budaya setempat. "Kami ingin mereka kembali ke tempat masing-masing dengan membawa kesan sehingga mereka mau datang lagi dengan tujuan berwisata. Maka dari itu kami berharap kegiatan ini bisa meningkatkan kunjungan wisata ke Bangka," ujar Mulkan.

Sementara Kabid Pemasaran Area II Pengembangan Pemasaran I Region I Kemenpar, Trindiana M Tikupasang mengatakan pihaknya mengapresiasi penyelenggara Sungaliat Triathlon 2019 yang telah mendorong promosi pariwisata Bangka lewat kegiatan ini. Ia juga melihat masyarakat Bangka kompak bersatu untuk ikut menyukseskan acara ini.  Ia juga sependapat dengan mengangkat aksi budaya di event ini untuk mendukung pariwisata dengan melibatkan anak-anak sekolah. "Ini bagus mengikutsertakan anak-anak sekolah. Jadi anak-anak sekarang biar tahu dan mengenal budaya mereka," ujar Diana.

Di sisi lain, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Rizki Handayani mengatakan pergelaran budaya merupakan bagian dari unsur 3A Pariwisata, yakni Atraksi. "Atraksi budaya dan kesenian lokal merupakan daya tarik bagi pariwisata. Ini bagian yang tidak bisa dilepaskan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan," ujar perempuan yang disapa Kiki. 

Pesona alam yang dimiliki Pulau Bangka sendiri memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para atlet nusantara dan mancanagera. Terlebih jika dipadu dengan unsur parade budaya dan kesenian seperti dalam Sungailiat Triathlon 2019 ini. 

Sementara Menteri Pariwisata Arief Yahya meyakini Sungailiat Triathlon 2019 akan memberikan akselerasi bagi pariwisata Bangka. Apalagi sport tourism terbukti efektif mengangkat destinasi yang dilaluinya.

"Bangka mempunyai potensi besar sebagai destinasi sport tourism dunia. Tracknya cukup menantang dengan suguhan pemandangan yang luar biasa. Saya berharap kegiatan ini ini bisa menjadi pemantik semangat Bangka untuk mendorong KEK Sungailiat," ujar Menpar Arief.

Editor : Dwi Putro Agus Asianto