logo

Bupati Jepara Segera Diadili Di Pengadilan Tipikor

Bupati Jepara Segera Diadili Di Pengadilan Tipikor

Jubir KPK Febri Diansyah
15 Juni 2019 19:39 WIB
Penulis : Wilmar Pasaribu

SuaraKarya.id - JAKARTA: Persidangan kasus Bupati Jepara, Ahmad Marzuqi, bakal disidangkan secepatnya di Pengadilan Tipikor. Hal itu dipastikan setelah penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah merampungkan berkas penyidikan kasus dugaan suap terkait vonis praperadilan kasus dugaan korupsi penggunaan dana bantuan partai politik yang menjeratnya.

“Sudah dilakukan pelimpahan berkas, barang bukti dan dua tersangka," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta, Sabtu (15/6/2019).

Ahmad Marzuqi diduga menyuap Lasito selaku hakim PN Semarang yang mengadili praperadilannya. Berkas Lasito yang juga tersangka dalam kasus ini pun sudah rampung.

Menurut Febri mengatakan, berkas dan bukti perkara Ahmad dan Lasito kini telah berada di tangan penuntut umum. Surat dakwaan keduanya sedang disusun jaksa. "Rencana sidang akan dilaksanakan di Pengadilan Tipikor Semarang," kata Febri.

Dalam perkara ini, Lasito diduga telah menerima suap dari Ahmad Marzuqi. Suap diberikan Ahmad terkait kepentingan untuk mempengaruhi putusan praperadilan yang saat itu disidangkan oleh Lasito.

Lasito diduga menerima suap senilai Rp 700 juta dalam bentuk rupiah dan dolar AS dari Ahmad Marzuqi. Penyerahan uang diduga disamarkan dengan cara dimasukan ke dalam kotak bandeng presto.

Uang itu diduga sebagai suap agar Lasito mengabulkan gugatan praperadilan Ahmad. Ahmad mengajukan praperadilan untuk menggugurkan status tersangkanya di Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah. Ia ditetapkan sebagai tersangka oleh jaksa karena diduga korupsi dana bantuan partai polotik.

Dalam putusannya, Lasito kemudian mengabulkan gugatan praperadilan Ahmad Marzuqi. Atas putusan hakim tunggal itu, status tersangka Ahmad Marzuqi menjadi gugur akibat suap tersebut. ***

Editor : Pudja Rukmana