logo

Anggaran Kemendes PDTT UntukTahun 2020, Turun Menjadi Rp3, 19 Triliun

Anggaran Kemendes PDTT UntukTahun 2020, Turun Menjadi Rp3, 19 Triliun

Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo (tengah). (foto, ist)
13 Juni 2019 23:26 WIB
Penulis : Budi Seno P Santo

SuaraKarya.id - JAKARTA: Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo berharap, Komisi V DPR RI dapat membantu mendorong alokasi anggaran untuk Kemendes PDTT, agar mendapat tambahan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Seperti diketahui, untuk tahun 2020, pagu anggaran Kemendes PDTT mengalami penurunan menjadi Rp3, 19 triliun. Padahal, sebelumnya di tahun 2019 anggaran kementerian tersebut mencapai Rp5, 27 triliun.

"Diharapkan anggota dewan dapat mendorong alokasi anggaran kementerian desa," kata Mendes PDTT, di Jakarta, Kamis (13/6/2019).

Dia menjelaskan, penurunan anggaran tersebut, karena sebagian anggaran dialokasikan untuk kementerian-kementerian teknis. "Dananya untuk pembangunan di perdesaan," ujarnya.

Dicontohkannya, pembangunan infrastruktur langsung dikerjakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Dikatakannya arahan Kemenkeu sekarang, agar pekerjaan teknis langsung diberikan pada kementerian teknis.

Mendes PDTT menyatakan, sesungguhnya pihaknya telah mengajukan pagu anggaran sebesar Rp7,4 triliun. Namun, Kemenkeu seperti diketahui hanya mengalokasikan Rp3,19 triliun dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (R-APBN) tahun 2020.

Editor : Gungde Ariwangsa SH