logo

Pendidikan Kependudukan Perlu Ditanamkan Sejak Dini

Pendidikan Kependudukan Perlu Ditanamkan Sejak Dini

Pendidikan kependudukan BKKBN Kalteng. (foto, ist)
13 Juni 2019 19:57 WIB
Penulis : Budi Seno P Santo

SuaraKarya.id - PALANGKARAYA, Kalteng: Pendidikan kependudukan penting ditanamkan sejak dini pada masyarakat, khususnya pada pelajar dan mahasiswa. Karenanya, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) kian memperkuat pendidikan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di sekolah.

Plt Kepala BKKBN Kalteng Satyawati Kusumawijaya di Palangka Raya, Kamis (13/6/2019, seperti diberitakan Antara, menyatakan pendidikan kependudukan sejak dini, bertujuan agar dalam diri anak atau remaja  terbentuk wawasan tentang kondisi lingkungan sekitar.

"Yang menyosialisasikan pendidikan kependudukan melalui jalur formal yang dibutuhkan," ujarnya. Pada jalur non formal, lanjutnya, dukungan dan sinergi dari penyelenggaraan diklat pemerintah pusat dan provinsi, akan memberikan pengaruh yang besar, terhadap perkembangan pendidikan kependudukan.

Selain itu, imbuhnya, dukungan dari para tokoh masyarakat, tokoh agama kader sangat diperlukan. Untuk menyosialisasikan pendidikan di jalur formal.

BKKBN Kalteng menggelar acara penguatan dan pengembangan kerja sama pendidikan kependudukan tingkat provinsi, pada 12-14 Juni 2019, Selain itu juga menggelar sosialisasi pedoman dan materi OPD KKB, satuan pendidikan, serta mitra kerja.

Acara itu diikuti sebanyak 46 orang dari satuan pendidikan, seperti kepala sekolah dan 79 orang dari jajaran pemerintah kabupaten/ kota di Kalteng. "Acara itu juga bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku tenaga pengelola dan mitra tentang program pendidikan kependudukan pada jalur pendidikan formal, informal dan non formal," tutur Satyawati.

Ditambahkannya, selain penguatan pendidikan, program KKBPK di sekolah, juga fokus pada penguatan program dan pelaksanaan Kampung KB. "Arah kebijakan program KKBPK khususnya Kampung KB tidak untuk meng-KB kan suatu kampung atau desa, namun lebih kepada untuk meningkatkan kualitas penduduk serta meningkatkan ketahanan keluarga," tuturnya.

Editor : Gungde Ariwangsa SH