logo

Kemensos Bantu Korban Kebakaran Di Krukut

Kemensos Bantu Korban Kebakaran Di Krukut

Puing korban kebakaran Kelurahan Krukut. (foto, ist)
29 Mei 2019 04:35 WIB
Penulis : Budi Seno P Santo

SuaraKarya.id - JAKARTA: Warga korban kebakaran di Kelurahan Krukut, Kecamatan Tamansari, Jakarta Barat, bisa bernafas sedikit lega. Pasalnya, Kementerian Sosial (Kemensos) memberikan bantuan berupa Bahan Bangunan Rumah (BBR). 

Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial, Kemensos Harry Hikmat sesaat setelah menyerahkan bantuan berlokasi di Masjid Al-Ikhlas Jalan Thalib II Krukut, Jakarta Barat, Srlasa (28/5/2019) menyatakan, bantuan tersebut merupakan komitmen Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita, saat berkunjung ke lokasi kebakaran awal Maret lalu.

Saat itu, Mensos memerintahkan segera melakukan perbaikan dan pembangunan kembali rumah rusak. "Alhamdulillah setelah melalui proses pendataan, verifikasi dan validasi. Maka hari ini, warga Krukut sudah dapat menerima bantuan bahan bangunan rumah," kata dia.

Seperti diketahui, peristiwa kebakaran terjadi pada tanggal 26 Februari 2019 dan 17 Maret 2019. Bencana Kebakaran tersebut mengakibatkan 240 rumah mengalami kerusakan dengan kategori kerusakan ringan sebanyak 39 rumah, kerusakan sedang sebanyak 15 rumah, serta kerusakan berat sebanyak 186 rumah.

"Bantuan diberikan secara non tunai. Sehingga, bantuan yang diberikan dapat tepat jumlah, tepat administrasi, tepat waktu. Kali ini, kami bekerja sama dengan Bank Mandiri sebagai bank penyalur," tutur Harry.

Besarnya bantuan uang yang diberikan melalui rekening para korbanyang ada di Bank Mandiri, berdasarkan tingkat kerusakan dari rumah. Untuk rumah yang mengalami kerusakan ringan mendapat bantuan sebesar Rp2.500.000, kerusakan sedang mendapat bantuan Rp5.000.000 dan kerusakan berat mendapat bantuan Rp10.000.000. Total keseluruhan bantuan adalah Rp2.032.500.000.

"Terima kasih kepada seluruh pihak yang setiap kejadian bencana selalu turun membantu yakni Dinas Sosial Provinsi DKI, BUMN, Swasta, Tenaga Pelopor Perdamaian, Taruna Siaga Bencana yang telah menunjukkan kepeduliannya terhadap warga yang menjadi korban bencana sosial kebakaran di wilayah Kelurahan Krukut ini," tutur dia.

Ditemui setelah mencairkan bantuan, seorang korban kebakaran Sri Hariyati (59) menyatakan sangat bersyukur mendapat bantuan bahan bangunan rumah.

Perempuan yang tinggal di Krukut sejak tahun 1943 ini mengaku sangat terpukul karena rumahnya hangus terbakar tak bersisa. Bantuan sebesar Rp10 juta menurut Sri sangat bermanfaat untuk membangun kembali rumahnya dan membangun harapan baru yakni berdagang gado-gado seperti sebelumnya.

"Setelah kebakaran saya tidak punya apa-apa. Mau jualan lagi semua perahot habis terbakar. Alhamdulillah ada bantuan dari Kemensos, sehingga bisa untuk tambahan biaya pembangunan rumah dan membayar upah tukang bangunan," tutur perempuan berjilbab ini.