logo

Mendes: Presiden Akan Tingkatkan Dana Desa Menjadi Rp 400 Triliun

Mendes: Presiden Akan Tingkatkan Dana Desa Menjadi Rp 400 Triliun

Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo (foto,ones)
22 Mei 2019 12:22 WIB
Penulis : Budi Seno P Santo

SuaraKarya.id - JAKARTA: Presiden Joko Widodo akan meningkatkan dana desa menjadi Rp 400 triliun tahun ini. Sebelumnya, dana desa yang digelontorkan sebanyak Rp 257 triliun.

"Artinya, kenaikannya hampir mencapai 100 persen," ujar Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) Eko Putro Sandjojo, usai acara buka bersama dengan seluruh pegawai Kemendes PDTT, di kantor Kementerian tersebut, Jalan Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (21/5/2019).

Dikemukakannya, kalau tahun-tahun lalu dana desa cenderung digunakan untuk pembangunan infrastruktur. Maka, ke depan dana desa ditujukan untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat serta peningkatan kualitas sumberdaya manusia (SDM).

Untuk itu, pemerintah, ujarnya, akan meningkatkan dan memperbanyak pelatihan-pelatihan. Selain pula, menpermudah pemberdayaan ekonomi rakyat, dengan membangun destinasi wisata di desa-desa.

Di samping penguatan aparat dan pendamping desa dengam berbagai pelatihan. Bahkan,  bila girasa perlu sampai mengirim mereka ke luar negeri. 

Editor : Yon Parjiyono