logo

Imbas Proyek Tol Jakarta-Cikampek, Jalan Cut Mutia Kota Bekasi Macet

Imbas Proyek Tol Jakarta-Cikampek, Jalan Cut Mutia Kota Bekasi Macet

Penumpukan kendaraan roda empat di Jalan sepanjang Jalan Cut Mutia, Bekasi Timur, Rabu (13/3/2019). (Foto: Dharma/suarakarya.id).
13 Maret 2019 15:23 WIB
Penulis : Dharma/Aji

SuaraKarya.id - BEKASI: Dampak pembangunan tol layang (elevated) Jakarta-Cikampek (Japek) mengakibatkan sepanjang jalan Cut Mutia, Bekasi Timur, mengalami kemacetan parah. Lebih dari puluhan kendaraan roda empat khususnya truk kontainer mendominasi jalan tersebut.

Pantauan suarakarya.id, kondisi jalan macet kurang lebih sepanjang 1 kilometer. Kemacetan terlihat sejak pagi hingga malam hari, akibat kepadatan volume kendaraan yang berada di jalan tol Japek. Rata-rata kendaraan yang melintasi jalan Cut Mutia, imbas dari kendaraan yang keluar dari tol Bekasi Barat, terutama truk besar.

Salah satu pemilik bengkel mobil MSM, Pa'de Ragil mengatakan, penumpukan sejumlah kendaraan terlihat sejak pagi tadi. "Subuh sudah terlihat macet mas," katanya kepada suarakarya.id, Rabu (13/3/2019).

Ia mengaku, kemacetan di jalan Cut Mutia sudah hampir sepekan berlangsung. Tak lain, imbas dari kendaraan yang keluar dari tol Barat. "Rata-rata kendaraan mobil pribadi, bus karyawan dan truk kontainer mlintasi jalan Cut Mutia," katanya.

Saat ini, pembangunan tol layang belum rampung. Rencana itu didukung Pemerintah Provinsi Jawa Barat karena menjadi solusi signifikan mengurangi kemacetan. Rencana tersebut adalah proyek Tol Jakarta-Cikampek Selatan yang terbentang dari Jatiasih Bekasi hingga Sadang Purwakarta sepanjang 62 km. Lokasinya berada di sisi selatan Tol Cikampek lama. ***

Editor : Azhari Nasution