logo

UNS Mendapatkan Penghargaan SNI Award

UNS Mendapatkan Penghargaan SNI Award

Wakil Rektor UNS Prof Widodo Muktiyo memperlihatkan SNI Award yang diterima UNS
22 November 2018 20:27 WIB
Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jawa Tengah, menerima Standar Nasional Indonesia (SNI) Award dari Badan Standarisasi Nasional (BSN). Award tersebut untuk pertama kalinya diterima UNS.

Tahun ini, UNS menerima SNI Award dengan peringkat perak untuk kategori Pendidikan Tinggi. Kategori ini bersama dengan Pendidikan Menengah menjadi hal yang baru pada SNI Award tahun ini. Total ada 12 kategori dalam SNI Award yang telah diselenggarakan sejak tahun 2005 tersebut.

"Tahun ini ada 207 institusi termasuk UNS yang masuk. Dari 207 proposal yang masul ke BSN, ada 71 yang lolos. Institusi atau lembaga yang proposalnya lolos tersebut kemudian divisitasi oleh tim dari BSN," jelas Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama UNS, Prof Widodo Muktiyo, kepad wartawan di Kampus UNS Solo, Jawa Tengah, Kamis (22/11/2018).

Dari 71 yang divisitasi, sebanyak 56 institusi dari 12 kategori mendapatkan SNI Award dan salah satunya adalah UNS. Untuk kategori Pendidikan Tinggi ada tujuh perguruan tinggi yang mendapat penghargaan.

"Klasifikasi penghargaan adalah perunggu, perak, emas dan platinum. Jika sudah 3 kali mendapat platinum maka akan diberikan penghargaan grand platinum," jelasnya lagi.

Penghargaan diberikan Menristekdikti di Jakarta, Rabu (21/11/2018). Penilaian dilakukan oleh sejumlah juri yang diketuai Rhenald Khasali. Selain UNS, perguruan tinggi lain yang juga mendapatkan award adalah Universitas Surabaya dan Universitas Negeri Makassar.

"Penghargaan ini menjadi tantangan bagi UNS untuk meningkatkan standarisasi di kampus. Saat ini kami tengah berupaya untuk standarisasi baterai lithium serta air minum," katanya. ***

Editor : Laksito Adi Darmono