logo

Ketum Korpri Nasional: ASN Harus Rawat Persatuan-Kesatuan Demi Keutuhan Bangsa

Ketum Korpri Nasional: ASN Harus Rawat Persatuan-Kesatuan Demi Keutuhan Bangsa

24 November 2021 23:41 WIB
Penulis : AG. Sofyan

SuaraKarya.id - JAKARTA: Ketua Umum DPKN Prof. Zudan Arif Fakrulloh meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk terus merawat nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Menurut Prof Zudan, hal yang paling sederhana yang bisa dilakukan para ASN adalah dengan kembali merasakan kecintaaan kepada Tanah Air Indonesia sekaligus menghormati jasa para pahlawan.

"Para ASN dari yang muda hingga senior perlu terus meneladani tindakan dan jiwa kepahlawanan dalam merawat persatuan bangsa dan menjaga agar bangsa ini tetap utuh. Inilah esensi ziarah yang kita selenggarakan hari ini," kata Prof Zudan kepada wartawan di TMP Kalibata, Jakarta, Rabu (24/11/2021).

Upacara bendera dan ziarah ke makam para kusuma bangsa dan syuhada republik ini di TMP Kalibata dalam rangkaian kegiatan peringatan HUT Emas Korpri ke-50. Upacara yang berlangsung khidmat dipimpin oleh Dirjen Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Gakkum) KLHK Rasio Ridho Sani yang juga anggota Dewan Pengurus Korpri Nasional (DPKN), digelar tepat pukul 7.30 pagi.

Usai upacara, Ketua Umum DPKN Prof. Zudan Arif Fakrulloh didampingi para pengurus Korpri Nasional, Sekda Provinsi DKI Jakarta Marullah Matali sebagai tuan rumah, melakukan tabur bunga antara lain ke makam alm. Baharuddin Jusuf Habibie, Presiden RI ketiga, serta makam alm. R. Basoeki Rachmat (Mantan Mendagri), dan lainnya. Acara ziarah dan doa kepada para pahlawan yang gugur demi bangsa ini diselenggarakan oleh DPKN bersama jajaran ASN anggota Korpri DKI Jakarta.

"Upacara dan ziarah ini untuk membangkitkan kembali rasa cinta Tanah Air sekaligus menghormati jasa para pahlawan. Para ASN dari yang muda hingga senior perlu terus meneladani tindakan dan jiwa kepahlawanan dalam merawat persatuan bangsa dan menjaga agar bangsa ini tetap utuh di dalam NKRI. Inilah esensi ziarah yang kita selenggarakan hari ini," kata Prof Zudan yang juga Dirjen Dukcapil Kemendagri ini.

Puncak HUT Emas Korpri ke-50, rencananya akan diselenggarakan di Gedung Manggala Wanabhakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Jakarta, pada Senin (29/11/2021) mendatang.

Sebelumnya HUT Emas Korpri juga dimeriahkan oleh gelaran terbesar sepanjang sejarah, MTQ V Nasional yang sukses digelar di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. ***

Editor : Pudja Rukmana