logo

Cegah Penularan Covid-19, Wisuda 2.053 Mahasiswa PNJ Dilaksanakan Online

Cegah Penularan Covid-19, Wisuda 2.053 Mahasiswa PNJ Dilaksanakan Online

Mahasiswa PNJ diwisuda
23 Oktober 2021 11:59 WIB
Penulis : Windrarto

SuaraKarya.id - DEPOK: Sebanyak 2.053 wisudawan tahun akademik 2020/2021 dilantik secara online oleh pimpinan Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), pada Sabtu (23/10/2021).

“Sehubungan saat ini masih dalam kondisi pandem Covid-19, wisuda PNJ pada tahun 2021 ini dilaksanakan secara online. Cara ini dimaksudkan agar kesehatan kita semua dapat terjaga serta prosesi wisuda dapat dilaksanakan dengan tertib.” kata Direktur PNJ Zainal Nur Arifin saat memberikan sambutan dalam prosesi wisuda bertemakan "PNJ Leading Change in Times of Disruption Era".

Dari 2.053 yang diwisuda, tuturnya, terdiri dari  1.068 wisudawan dan 985 wisudawati. Sebanyak 778 wisudawan meraih predikat cumlaude dari semua level, dan 428 orang dari program kerja sama pendidikan.

Hingga hari ini, ujarnya, PNJ telah meluluskan 40.160 orang mulai Program Diploma 1 sampai Magister Terapan, dengan 25.562 lulusan bidang rekayasa dan 14.598 lulusan bidang tata niaga.

Pada periode 2020—2024 ini, tuturmya, target capaian menjadi Politeknik unggul berkelas Asia sudah dicapai. Hal ini sesuai visi PNJ adalah menjadi Politeknik unggul bertaraf internasional untuk mendukung daya saing bangsa. 

“Alhamdulillah, status PNJ sebagai PTN BLU telah kita raih pada 31 Mei 2021 sesuai penetapan Menteri Keuangan Nomor: 209/KMK.05/2021, sehingga kami dapat mengelola keuangan dengan lebih fleksibel untuk lebih meningkatkan mutu layanan pendidikan,” ucap Zainsl yang alumni PNJ angkatan pertama ini.

Pada tahun ini, ujarnya, PNJ akan menambah luas kampus utama seluas tiga hektar di Kampung Bedahan Sawangan Depok. "Insya Allah, akan bertambah satu hektar lagi, dan sedang kita proses pula permohonan lahan kepada Gubernur DKI Jakarta," ucapnya.

Selain itu, sejumlah prestasi telah diraih PNJ. Antara lain, menjadi 10 perguruan tinggi vokasi terbaik, sebanyak 90 persen prodi mendapatkan akreditasi B dari BAN PT dan terjalin kerja sama dalam bidang pendidikan dan penelitian dengan perguruan tinggi luar negeri. 

Mahasiswa PNJ pun berhasil meraih 32 prestasi dalam bidang penalaran, minat dan bakat baik nasional maupun internasional.
Pada tahun 2021 ini, 2.212 mahasiswa (29%) mendapatkan beasiswa dari pemerintah maupun swasta. 

Selain itu,  memberikan keringanan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) kepada 659 mahasiswa serta membebaskan biaya UKT kepada 394 mahasiswa yang terdampak pandemi Covid-19.

"Semua keberhasilan itu merupakan capaian dan prestasi dari proses panjang pendidikan yang telah dilaksanakan secara on line maupun off line, dan akhirnya dapat mengantarkan lulusan diwisuda hari ini. Upacara wisuda bukanlah akhir perjuangan, melainkan menjadi langkah awal menuju kehidupan masa depan," tutur Zaenal.

Bekal yang didapatkan selama menempuh pendidikan di Politeknik Negeri Jakarta, tuturnya, sangat memadai untuk bekerja atau berwirausaha sesuai dengan bidang masing-masing.

"Jangan lupa harus selalu berdoa, berbakti pada orangtua, serta bersemangat dalam mengabdikan kemampuan Anda, di mana pun nantinya berkarya.
Selamat kepada kalian dengan prestasi gemilang; teruslah berkarya dan menjadi bintang," ucapnya. ***

Editor : Pudja Rukmana