logo

Seorang Saksi Meninggal Di Ruang Pemeriksaan Kejaksaan Agung

Seorang Saksi Meninggal Di Ruang Pemeriksaan Kejaksaan Agung

Kapuspenkum Kejaksaan Agung Leonard Simanjuntak
22 Oktober 2021 18:20 WIB
Penulis : Wilmar Pasaribu

SuaraKarya.id - JAKARTA: Kendati masih berstatus saksi kasus dugaan korupsi di Perum Perindo, saksi inisial IP  meninggal dunia di ruang pemeriksaan Kejaksaan Agung. Selaku mantan staf senior divisi perdagangan dan operasional 2019,  saksi IP meninggal dunia di ruang 10 pemeriksaan, gedung Pidana Khusus (Pidsus) Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung.

“Saksi inisial IP, meninggal dunia saat akan dilakukan pemeriksaan,” ujar Kepala Pusat Penerangan dan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung) Leonard Simanjuntak, Jum'at (22/10/2021).

Leonard menerangkan, IP meninggal dunia di ruang 10 pemeriksaan, gedung Pidana Khusus (Pidsus) Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus), Kamis (21/10/2021). 

Leonard menerangkan, IP meninggal dunia, sekitar pukul 11:40 WIB. “Kami menyampaikan turut berduka cita atas meninggalnya saksi IP dari Perum Perindo ini,” katanya.

Kronologi meninggalnya IP diketahui oleh penyidik. Dikatakan dia, pada Kamis (21/10), dalam lanjutan penyidikan dugaan korupsi di Perum Perindo, Jampidsus menjadwalkan pemeriksaan 7 orang saksi. Salah satunya IP. 

Namun, saat pemeriksaan dilakukan di ruang 10, IP mengalami sesak napas dan kejang-kejang. Dalam kondisi tersebut, saksi IP sempat mengalami kondisi tidak sadarkan diri.

Penyidik, sempat meminta bantuan petugas pengamanan dalam untuk mendatangkan tim medis Kejakgung. Saat tim medis datang, upaya pertolongan pertama sempat dilakukan dengan memasang alat pernafasan untuk perbantuan. Akan tetapi, saksi IP, tetap tak sadarkan diri. Tim medis kejaksaan, pun membawa saksi IP, menuju ke Rumah Sakit (RS) Adhyaksa di Ceger, Jakarta Timur (Jaktim). Namun, saksi IP dinyatakan sudah meninggal dunia.

"Saksi IP telah dipanggil oleh Tuhan Yang Maha Kuasa di RSU Adhyaksa, dan diserahkan kepada pihak keluarga. Kejaksaan Agung menyampaikan rasa belasungkawa dan turut berduka cita kepada seluruh keluarga atas meninggalnya saksi IP. Semoga almarhum diterima Allah dan diberikan tempat terbaik di sisi-Nya," kata Leonard Simanjuntak.***

Editor : Gungde Ariwangsa SH