logo

UNS Gratiskan Kuliah Atlet Mahasiswa UNS Peraih Medali PON Papua

UNS Gratiskan Kuliah Atlet Mahasiswa UNS Peraih Medali PON Papua

Atlet UNS peraih medali dalam PON Papua diganjar bonus dari UNS
22 Oktober 2021 17:31 WIB
Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Atlet dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, peraih medali dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021, mendapat bonus dari UNS. Bonus yang diberikan mulai dari uang pembinaan hingga menggratiskan Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Dari sembilan atlet UNS yang tergabung dalam kontingen Jawa Tengah dan DKI Jakarta dalam PON XX Papua tersebut, delapan diantaranya berhasil meraih medali. 

Untuk medali emas diperolehJanan Salma dari cabang olahraga (cabor) basket, Lukman L. Hakim dari cabor baseball, dan Khoirudin Mustakim dari cabor pencak silat tanding kelas B.

Sedangkan untuk medali perak dipersembahkan Fauziyyah Rahma dari cabor renang 4x200 meter freestyle relay women dan Agung Wahyudi dari cabor atletik lompat jangkit.

Medali perunggu dipersembahkan oleh Ashifa’ Helsa dari cabor selam kolam 200 meteer, Nadia Haq U. N. C dari cabor pencak silat tanding kelas B, dan Adira Kurniawati dari cabor anggar sabel beregu.

Bonus bagi atlet UNS peraih medali di PON XX Papua diberikan langsung oleh Rektor UNS, Prof Jamal Wiwoho, Jumat (22/10/2021).

"Ini tentu saja prestasi yang membanggakan bagi UNS. Kami juga berharap apresiasi pemberian bonus ini menjadi inspirasi bagi mahasiswa UNS lainnya untuk berprestasi," jelas Jamal.

Lebih lanjut Jamal mengatakan atlet penerima medali emas mendapatkan pembebasan Uang Kuliah Tunggal serta  kesempatan untuk studi lanjut gratis hingga jenjang S-3 di UNS. Selain itu mereka juga mendapatkan  uang pembinaan sebesar Rp4,5 juta.

"Mahasiswa peraih medali perak akan mendapat pembebasan UKT, ditambah dengan kesempatan studi lanjut hingga jenjang S-2 gratis di UNS dan uang pembinaan sebesar Rp3,5 juta," jelasnya lagi.

Sedangkan, bagi yang meraih medali perunggu dibebaskan UKT-nya selama berkuliah di UNS dan diberi uang pembinaan sebesar Rp2,5 juta.

Sementara itu,  Dekan Fakultas Keolahragaan (FKOR) UNS, Sapta Kunta berharap dengan bonus yang diberikan UNS tersebut dapat memotivasi mahasiswa lainnya untuk berlomba-lomba memberikan kontribusi yang terbaik bagi UNS, baik di perlombaan tingkat nasional maupun internasional.

“Atlet mahasiswa UNS telah banyak memberikan prestasi baik dari kancah nasional maupun internasional," ujar Sapta Kunta yang pada Paralimpiade Tokyo kemarin berhasil membawa anak asuhnya meraih medali emas pada cabor parabadminton itu.  ***

Editor : Gungde Ariwangsa SH