logo

Jateng Tidak Bebani Target Khusus Kafilah STQ XXVI Malut

 Jateng Tidak Bebani Target Khusus Kafilah STQ XXVI Malut

Pembukaan STQ XXVI Malut meriah. (Istimewa)
17 Oktober 2021 14:09 WIB
Penulis : Pudyo Saptono

SuaraKarya.id - TERNATE: Tidak ada target khusus yang dibebankan Prmprov Jawa Tengah kepada para kafilahnya dalam Seleksi Tilawatil Quran Nasional XXVI di Kota Sofifi, Maluku Utara. Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, hanya mewanti-wanti agar seluruh anggota kafilahnya bisa mengikuti rangkaian perlombaan secara terhormat.

Terdapat 589 peserta dari 34 provinsi dalam ajang Seleksi Tilawatil Quran Nasional ke XXVI ini. Mereka akan berlomba dalam 4 cabang, yang setiap cabang ada 10 golongan. Dari cabang tilawah, tahfidz, tafsir dan hadist. Ganjar tidak mematok berapa golongan cabang yang harus dimenangkan kafilah Jateng.

"Apapun hasilnya nanti harus kita hormati. Karena ini bukan sekadar bicara soal perlombaan, tapi juga mengusung kesalehan. Kesalehan spiritual dan kesalehan sosial," kata Ganjar usai mengikuti acara pembukaan STQ XXVI di Masjid Raya Syaiful Khoirat, Sofifi, Sabtu (16/10/2021) malam.

Selain mengikuti acara pembukaan, Ganjar juga diajak berkeliling melihat kesiapan infrastruktur acara oleh Gubernur Maluku Utara, KH Abdul Ghani Kasuba. Dari masjid raya Syaiful Khoirat, Sofifi sampai rumah tempat tinggal para kafilah. Termasuk rumah yang ditempati kafilah Jateng.

Ada 20 kafilah yang dikirim Jawa Tengah pada STQ kali ini. Mereka akan berlaga dari 14 - 25 Oktober 2021. Selama di Sofifi, para kafilah menempati rumah ASN yang disediakan Pemprov Maluku Utara.

"Yang penting para kafilah nyaman. Tadi saya cek ke sana juga semua oke. Sprinbednya baru, Ac baru. Ada dapurnya juga," kata Ganjar.

Setidaknya ada lima rumah yang ditempati kafilah Jateng. Setiap rumah diisi empat kafilah. Kahfa al Kahfi, salah satu kafilah dari Jateng merasa sangat bersyukur ditengok Ganjar.

"Alhamdulillah bisa dikunjungi Pak Gubernur sampai Maluku Utara. Seneng bangetlah ditengok beliau. Support seperti yang kami tunggu," katanya. Dia pun berharap kedatangan Gubernur bisa memberi semangat para kafilah dari Jawa Tengah agar memperoleh hasil yang optimal.

"Semoga ini jadi pemicu kami untuk menampilkan kemampuan secara optimal. Lebih semangat bermusabaqoh," katanya.***

Editor : Gungde Ariwangsa SH