logo

Wisuda Drive Thru UWKS, Ada Yang Menumpang Hand Tractor

Wisuda Drive Thru UWKS, Ada Yang Menumpang Hand Tractor

16 Oktober 2021 13:34 WIB
Penulis : Andira

SuaraKarya.id - SURABAYA: Prosesi wisuda Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS) yang digelar secara drive thru kali ini menyita perhatian publik. Seorang wisudawan terbaik Fakultas Pertanian, Andi Aruji, SE MAgr mengikuti prosesi wisuda dengan menumpang hand tractor.

Hadir di pelataran kampus, pria berusia 55 tahun ini merupakan wisudawan tertua pada prosesi wisuda kali ini. "Saya ingin tunjukkan pada anak-anak muda, bahwa belajar tak pandang usia. Buktinya saya yang paling tua, malah bisa berpretasi meraih IP 3,95," ujar mahasiswa Faktultas Pertanian S2 tersebut, Sabtu (16/10/2021).

Ide wisuda naik hand tractor, kata dia, muncul dari benak kawan-kawannya satu kantor. Gagasan ini seunik dengan thesisnya yang mengambil contoh kasus petani kopi di sebuah desa di  Kecamatan Lumbok Seminung, Lampung Barat.

Bapak tiga anak ini mengangkat peluang tentang pengembangan sektor pertanian dengan cara menggabungkan pertanian kopi rakyat dengan adat dan budaya. "Saya tuntaskan study saya tepat waktu 4 semester," ujar Wisudawan Magister Agribisnis tersebut.

Pada bagian lain, Rektor UWKS Prof Dr H Widodo Ario Kentjono, dr Sp THT-KL (K) FICS menyebut wisuda ini merupakan kali keempat yang menggunakan model drive thru selama pandemi Covid-19. "Surabaya memang sudah masuk PPKM Level 1, tapi kami tak mau ambil resiko, karena acara wisuda selalu dihadiri banyak orang," ujarnya.

Apalagi, kata dia,  wisuda drive thru hari ini diikuti oleh 453 wisudawan yang terdiri dari 30 wisudawan dari Fakultas Teknik, 18 wisudawan dari Fakultas Pertanian, 53 wisudawan dari Fakultas Hukum. Termasuk wisudawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis 151 wisudawan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik diikuti 18 wisudawan, Fakultas Bahasa dan Sains diikuti 26 wisudawan, 76 wisudawan dari Fakultas Kedokteran dan 81 wisudawan dari Fakultas Kedokteran Hewan.

Wisuda drive thru dengan tema 'UWKS bersiap go international' ini digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat  Meski demikian, pihaknya mengklaim tidak menghilangkan esensi dari prosesi wisuda.

Sebelum pelaksanaan wisuda, panitia telah memberikan tutorial  melalui sosial media UWKS Media Center sehingga orang tua dan wisudawan dapat memahami dan mempelajari di rumah. Acara ini dimulai dengan pemeriksaan suhu tubuh wisudawan di pintu masuk. "Setiap peserta wisuda masing-masing menghabiskan waktu kurang dari 7 menit," ujar Siswojo, Kepala Biro Administrasi Akademik.

Dalam sambutannya, Rektor UWKS menyampaikan bahwa UWKS tengah bersiap untuk go international melalui peningkatan Panca Dharma Wijaya.  Mulai dari  peningkatan Jumlah Doktor dan Guru Besar, peningkatan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, peningkatan Kualitas Publikasi dan Prestasi, peningkatan Pelayanan Kemahasiswaan, dan peningkatan Pemasaran dan Promosi.

 Rektor UWKS dalam kesempatan yang sama kuga menetapkan mahasiswa terbaik pada masing-masing Fakultas. Diantaranya Lufian Mutiari, SKom terbaik Fakultas Teknik; Andi Aruji, SE., .Agr  terbaik Fakultas Pertanian, Hermi SH MH yang terbaik Fakultas Hukum, Guruh Marhaenis HP SAk MAk terbaik Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Zainal Fanani MSos terbaik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Salsabila Rafidah U.R, S.Pd. terbaik Fakultas Bahasa dan Sains, Ni Nyoman Wirastuti A., SKed terbaik Fakultas Kedokteran; dasn Siti Nur Lathifah R SKH. terbaik Fakultas Kedokteran Hewan.***