logo

Jabar Juara Umum PON XX, Ridawal Kamil Masih Hitung Kadeudeuh

15 Oktober 2021 18:02 WIB
Penulis : Gungde Ariwangsa SH

SuaraKarya.id - JAYAPURA: Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil siap memberikan kadeudeuh atau bonus sebagai apreasi terhadap keberhasilan perjuangan Kontingen Pasundan mempertahankan gelar juara umum pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tahun 2021.

Ridawan Kamil usai bersantap siang dengan para atlet dan ofisial Jabar di Kota Raja, Jayapura, Jumat siang mengemukakan, pemerintah Provinsi Jabar  mempersiapkan alokasi uang kadeudeuh bagi setiap atlet berprestasi di Bumi Cendrawasih.

 "Bonus sedang dihitung Pak sekretaris daerah (Sekda). Nominalnya ratusan juta rupiah," kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Jayapura, Papua, Jumat siang.

Emil telah menyiapkan seremoni penyerahan uang kadeudeuh dalam waktu dekat di Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat.

Emil juga menyinggung tentang situasi keuangan Jabar selama pandemi COVID-19 melanda.

"Kita kehilangan Rp5 triliun selama COVID-19. Ada yang 'hilang' (defisit anggaran) di pembangunan, parkiran, restoran, dan lainnya. Dengan COVID-19 kita kehilangan pendapatan luar biasa tapi tetap mencoba semaksimal mungkin untuk PON," katanya.

Menyinggung keberhasilan Jabar mempertahankan juara umum Ridwan Kamil mengemukakan, itu membuktikan  Jabar bukan jago kandang.

Kontingen Jabar  mempertahankan gelar juara umum setelah  mengumpulkan total 353 medali, terdiri atas 133 medali emas, 105 perak dan 112 perunggu di gelaran PON XX Papua. Meneruskan Kejayaan Kontingen Pasundan yang meraih gelar juara umum di kanda sendiri, Jawa Barat saat menjadi tuan rumah PON XIX tahun 2016.

"PON Papua ini bukti kalau Jabar bukan jago kandang. Pernah 2016 ada tagar Jabar jago kandang. Tapi hari ini kita buktikan menang di Papua," kata Ridwan Kamil.

Dia mengakui, Jabar memulai PON Papua dengan perolehan rapor hitam di awal.

Tapi Ridwan bersyukur para atlet Jabar bisa menggapai harapan warga Jabar secara bertahap hingga ke puncak kemenangan.

"Sejak awal saya monitor tiap hari. Kegiatan saya selain shalat, nge-Google medali PON Papua. Awalnya rapor hitam, tapi ini berkat kerja keras semua pihak, semua berpartisipasi mensukseskan. Ada fasilitas, anggaran, logistik, doa dan keamanan, bahkan keputusan-keputusan kami di pemerintahan," katanya.

Ridwan Kamil juga mengapresiasi kepatuhan seluruh atlet dan ofisial Jabar terhadap konsep yang sejak awal diusung untuk mempertahan gelar juara PON. ***